Sidak di RSUD Sanana, DPRD Kepulauan Sula Temui Beragam Persoalan

oleh -197 views
Link Banner

Porostimur.com | Sanana: Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Maluku Utara (Malut) Kamis (28/11/2019), melakukan inspeksi mendadak ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sanana.

Inspeksi mendadak ini dilakukan guna menanggapi keluhan masyarakat terkait pelayanan kesehatan did rumah sakit milik pemerintah tersebut.

Ketua Komisi III, DPRD Kabupaten Kepulauan Sula, Lasidi Leko mengatakan ketika melakukan sidak, ditemukan berbagai persoalan yang terjadi, termasuk persoalan yang selama ini menjadi keluhan masyarakat.

Menurut Lasidi, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Sula, seharusnya memprioritaskan kesejahteraan pegawai kesehatan karena ini menyangkut dengan pelayanan medis apalagi menyangkut dengan nyawa manusia.

“Idealnya Pemda Kepulauan Sula memperhatikan upah tenaga honorer kesehatan, karena honor mereka terlalu kecil. Padahao mereka bekerja siang malam tanpa kenal lelah demi melayani pasien,” tulis Lasidi melalui pesan WhatsApp.

Baca Juga  Partai NasDem Berikan Bantuan untuk Korban Gempa Maluku

Ia menilai upon yang didapatkan oleh para honorer yang piket atau sihift malam Rp50 ribu piket siang Rp10 ribu, tidak sebanding dengan kerja mereka.

“Sangat kita sayangkan. Tentu ini tidak seimbang dengan pelayanan yang mereka lakukan. Ini sesuatu yang sangat menyedihkan yang kami temui,” kata Lasidi.

Politisi Partai Bulan Bintang ini juga mempersoalkan obat-obatan yang ditangani oleh pihak ketiga.

Menurutnya ada beberapa macam obat atau bahan yang sering mengalami keterlambatan, separti benang jahit pasien yang sudah diminta ke pihak apotik, namun hingga sekrang belum ada realisasi.

“Kami juga temukan dari aspek lain seperti bak penampungan air yang baru dikerjakan kurang lebih satu tahun, tetapi sudah mengalami kerusakan, serta ruang kebidanan yang kami lihat tidak layak untuk di jadikan ruangan persalinan,” tukasnya.

Baca Juga  Polres Buru Kawal Pendistribusian 87 Kotak Suara Pilkada Bersama APD Covid-19

“Jadi dari banyaknya persoalan yang terjadi, kami dari Komosi III mendesak Pemda Sula untuk melakukan perbaikan dan peningkatan kapasitas pelayanan kesehatan di RSUD Sanana demi keselamatan Masyarakat Sula,” pungkas Lasidi. (jm)