SMASKris YPKPM Ambon hadiri Bimtek pengelolan SMA Rujukan di Surabaya

oleh -64 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Direktorat Pembinaan SMA meggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengeloloaan SMA Rujukan Region Surabaya, di Rich Palace Hotel Surabaya, 17-20 Juli 2018 lalu.

Kegiatan ini merupakan rangkaian upaya pembinaan SMA oleh Direktorat Pembinaan SMA, di antaranya Asistensi Program SMA Rujukan serta Workshop Pengelolaan SMA Rujukan.

Program pembinaan mutu SMA ini melibatkan 300 SMA dari 200 kabupaten/kota pada 34 provinsi yang pada saat itu berperan sebagai Induk Klaster pelaksanaan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 (K-13).

Dimana, peserta 131 SMA Rujukan ini berasal dari Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

Link Banner

Termasuk salah satu peserta dari Provinsi Maluku Kota Ambon adalah SMA Swasta Kristen (SMASKris) YPKPM Ambon sendiri turut menjadi salah satu SMA Rujukan dari Kota Ambon yang turut ambil bagian dalam Bimtek dimaksud dengan mengutus Wakil Kepala Sekolah bagian Kurikulum, Dra. P. Lesnussa.

Baca Juga  Prakiraan Cuaca BMKG: Perairan Halmahera Dilanda Gelombang Tinggi

Saat berhasil dikonfirmasi wartawan, Jumat (17/8), Lesnussa menjelaskan kegiatan ini dibuka langsung oleh Direktur Pembinaan SMA, Drs Purwadi Sutanto,M.Si.

Menurutnya, bimtek pengelolaan SMA Rujukan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kebijakan strategis peningkatan mutu SMA, meningkatkan pemahaman program SMA Rujukan, meningkatkan kemampuan pengelolaan rencana anggaran biaya bantuan pemerintah SMA Rujukan yang telah disepakati, meningkatkan kemampuan teknis pelaksaan kegiatan SMA Rujukan serta meningkatkan pemahaman sistem pelaporan kegiatan dan keuangan bantuan pemerintah SMA Rujukan.

Sedangkan materi yang diberikan dalam Bimtek, jelasnya, antara lain Pengarahan kebijakan peningkatan mutu SMA, program pembinaan mutu SMA pada SMA Rujukan tahun 2018, penerapan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPM) di SMA, penyusunan soal USBN, HOTS dan Karakteristik Soal UN SMA, pengembangan Program STEM di SMA, Implementasi Permendikbud Nomor 15 tahun 2018 tentang pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah, Penyusunan Laporan kegiatan dan Laporan Keuangan SMA Rujukan, Evaluasi dan pemantapan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian (paparan produk sekolah dan perbaikan), Tips dan Trik Pembuatan Video Pembelajaran dan belajar bersama serta Pengembangan E-Modul.

Baca Juga  Joker FC Menang Dramatis 3-2 atas Hipmi FC

Saat menjadi delegasi dalam Bimtek dimaksud, terangnya, pihaknya diharapkan mampu membuat kebijakan strategis peningkatan mutu SMA untuk diimplementasikan di sekolah, maupun meningkatkan pemahaman program SMA Rujukan itu sendiri.

Selain itu, tambahnya, pihaknya juga diharapkan mampu meningkatkan kemampuan pengelolaan rencana anggaran biaya bantuan pemerintah SMA Rujukan yang telah disepakati, maupun mampu meningkatkan kemampuan teknis pelaksaan kegiatan SMA Rujukan serta meningkatkan pemahaman sistem pelaporan kegiatan dan keuangan bantuan pemerintah SMA Rujukan.

”Jangan menyia-nyiakan waktu yang diberikan. Yakinlah bahwa SMA Swasta Kristen YPKPM Ambon mampu untuk bekerja bersama-sama guna pengembangan mutu pendidikan di sekolah ini,” pungkasnya. (pt-05)