Tim SAR Ungkap Identitas 9 Penumpang KLM Garuda Jaya yang Hilang

oleh -78 views
Link Banner

Porostimur.com | Palu: Proses pencarian terhadap sembilan penumpang Kapal Layar Motor (KLM) Garuda Jaya yang hilang tenggelam di antara perbatasan wilayah Perairan Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah dan Taliabu, Maluku Utara, malam ini untuk sementara dihentikan.

“Operasi pencarian akan kembali dilanjutkan pada Selasa (27/8/2019) pagi,” kata Kepala Basarnas Palu Basrano kepada sejumlah jurnalis, Senin (26/8).

Basarnas Palu juga merilis sembilan penumpang yang belum ditemukan itu masing-masing Jemin Nm Botutihe (28), Aladin Botutihe (31), Moh Iksal Botutihe (29), ketiganya adalah warga Desa Tumbu Mekar, Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Berikutnya, Irpan Piyohu (40), warga Desa Mula Mahu, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.

Link Banner

Kemudian Aris Abdullah, Masrun Ishak (36), Ramin Abdullah, Tahir Kusuma, Ajis Abdullah, kelimanya merupakan warga Desa Batungo Bungo Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo.

Baca Juga  Pemprov Maluku Minta Pelayanan BPJS Kesehatan Ditingkatkan

Sembilan korban tersebut berasal dari Gorontalo dengan tujuan Gela, Taliabu dan merupakan pekebun cengkih.

“Sembilan penumpang yang belum ditemukan tersebut adalah warga Provinsi Gorontalo,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, KLM Garuda Jaya rute Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah-Taliabu, Maluku Utara karam di perairan antara Banggai dan Taliabu, Sabtu (24/8/2019).

Kapal itu karam setelah mengalami kebocoran akibat cuaca buruk.

Kronologis kejadiannya bermula dari Kamis (22/8/2019) KLM Garuda Jaya berlayar pukul 21.00 wita rute Luwuk-Taliabu. Perkiraan tiba di Pelabuhan Tikong Taliabu pukul 15.00 Wita.

Pada Jumat (23/8/2019) pukul 23.00 Wita mengalami kebocoran dikarenakan cuaca buruk di Perairan Taliabu.

Pihak Basarnas Palu yang mendapat laporan kecelakaan pelayaran itu segera mengerahkan personelnya ke lokasi.

Baca Juga  Perempuan Muslim di Gaza Tebarkan Keceriaan Natal

Hasilnya, tim SAR gabungan berhasil menemukan lima orang dari 14 penumpang KLM Garuda Jaya dalam keadaan selamat di Pulau Sonit, Taliabu.
Kelima korban ditemukan pada Sabtu (24/8/2019) pukul 11.00 Wita.

Kelima korban yang ditemukan selamat itu adalah seorang nakhoda bernama Ali Sadi (36), Kasman (62), Ali Kois (39), La Bobi (36), dan Ali Tama (34). (red/