Tomat Nae Harga. Bawang Deng Rica Stabil Sa

oleh -96 views
Link Banner

@porostimur.com | Ambon : Harga bahan pokok seperti Bawang, Rica dan Tomat (barito) di Pasar Tradisional Mardika, Kota Ambon, Minggu (23/06, relatif stabil.

Meski terdapat perbedaan pada tingkat pengecer, harga Bawang, Rica dan Tomat relatif tidak mengalami pergeseran sejak lebaran Idul Fitri lalu.

Harga bawang merah, terpantau hari ini, dijual dengan harga bervariasi, antara 45 ribu rupiah sampai 60 ribu rupiah.

Angka ini hampir sama dengan harga pada H-7 lebaran. Para pedagang menyebut harga bawang merah cenderung stabil belakangan ini.

Sementara itu harga cabai (cili), dari delapan orang pedagang yang di temui hari ini terungkap dijual dengan harga bervariasi, yakni: kategori cili besar, dijual dengan harga mulai dari Rp 30 ribu, hingga 45 ribu rupiah/kg.

Baca Juga  Kamis Besok KPK Tiba di Morotai

Harga ini mengalami penurunan, dibanding pada saat Idul Fitri lalu, dimana harga cili besar naik hingga Rp. 50 ribu/kg.

Untuk kategori cabai keriting (cili alus), harga hari ini terpantau mulai Rp 35 ribu, hingga 45 ribu/kg, atau turun jauh dibanding saat lebaran, dimana harganya melonjak hingga 80 ribu rupiah/kg.

Sementara itu, harga tomat justru mengalami kenaikan atau berbanding terbalik dengan harga pada saat lebaran.

Hari ini, harga tomat di Pasar Tradisional Mardika menunjukan adanya kenaikan harga dibanding dua pekan sebelumnya.

Hari ini, tomat dijual mulai dari harga Rp 25 ribu sampai 35 ribu rupiah/kg. Padahal pada saat puncak lebaran, harga hanya dibandrol pada kisaran Rp 14 ribu hingga 25 ribu rupiah/kg.

Baca Juga  Ricuh, Mahasiswa Ingin Blokade Tol Jagorawi, Dua Polisi Terluka

Menurut Desi, Pedagang Bariton di Pasar Tradisional Mardika, tomat malah baru mengalami kelangkaan pasca idul fitri.

Desi juga menjelasakan adanya variasi harga pada tingkat pengencer tersebab masing-masing penjual mendapatkan barang dari pemasok yang berbeda.

Selain itu, kata dia, variasi harga juga akibat dari adanya persaingan antara pedagang dalam meraih hati konsumen. (dayan)