Heboh! Warga Naik Haji di Gunung Bawakaraeng, MUI Gowa Turun Tangan

oleh -164 views

Porostimur.com, Makassar – Sebuah video viral di media sosial dalam beberapa hari terakhir, lantaran sejumlah warga diduga menggelar rangkaian ibadah haji di Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Dalam video yang dilihat porostimur.com, Rabu (5/6/2024) itu, tampak sejumlah pria dan ibu-ibu turun gunung dengan melewati tebing usai diduga menggelar rangkaian haji di Gunung Bawakaraeng, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa.

Aksi berbahaya ini dilakukan oleh sejumlah warga karena diduga sebagai rangkaian haji yang harus dilalui saat berhaji di gunung tersebut.

Dalam video berjudul Tradisi naik Haji di Gunung Bawakaraeng, Gowa, berdurasi 57 detik yang diunggah akun instagram @makassar_iinfo, nampak sejumlah pria dan emak-emak yang mengenakan gamis putih menuruni bukit terjal diduga usai menggelar ibadah haji di atas gunung. Mereka juga membawa sejumlah sesajen.

Baca Juga  Apa Itu E-Coklit yang Kembali Digunakan pada Pilkada 2024?

Beberapa tahun sebelumnya, MUI Kabupaten Gowa bersama Pemerintah Kecamatan Tinggimoncong sepakat untuk menutup jalur pendakian ritual haji di Gunung Bawakaraeng karena keluar dari ajaran Islam. 

Namun belakangan, ritual haji di gunung tersebut kembali dilakukan warga sekitar karena dianggap sebagai warisan leluhur.

No More Posts Available.

No more pages to load.