BNPB Lakukan Pemetaan Daerah Rawan Bencana Banjir Lahar Hujan di Sekitar Gunung Ibu

oleh -18 views
BNPB Lakukan Pemetaan Daerah Rawan Bencana Banjir Lahar Hujan Gunungapi Ibu

Porostimur.com, Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mulai memetakan daerah rawan banjir lahar hujan di sekitar Gunung Ibu, Halmahera Barat, Maluku Utara, yang sebelumnya beberapa kali mengalami erupsi.

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menyebutkan, pemetaan dilakukan menggunakan drone untuk di wilayah permukiman, aliran sungai, dan jalur-jalur lelehan lahar.

“Ini untuk memitigasi adanya potensi bencana sekunder dari erupsi Gunungapi Ibu,” ujar Abdul melalui keterangannya, Rabu (5/6/2024).

Abdul menjelaskan, untuk tahap pertama, pemetaan akan dilakukan di permukiman desa yang dilewati sungai dari Gunung Ibu.

Ia menuturkan, tim monitoring akan melihat kondisi vegetasi di sekitar sungai yang mengarah ke permukiman.

Baca Juga  Kasus Bupati Halut Kejar Mahasiswa Pakai Golok Naik Status

Setelah itu, tim akan melanjutkan pemantauan di area hulu sungai untuk melihat lebih detail kondisi di area lereng gunung.

“Tim juga akan menaikkan level ketinggian dan area jelajah mendekati mulut kawah dan area timbunan material vulkanik lahar Gunungapi Ibu,” kata Abdul.

Menurut Abdul, pemetaan tersebut bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya tumpukan material lahar yang dimuntahkan Gunung Ibu, sekaligus memastikan lokasinya.

No More Posts Available.

No more pages to load.