5 Manfaat Journaling untuk Atasi Kelelahan Mental di Masa Pandemi

oleh -17 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Waktu kecil, beberapa dari kamu mungkin dibiasakan untuk menulis buku diary. Kamu bisa menceritakan keseharianmu, apa yang kamu lakukan dan rasakan di hari itu. Melalui catatan itu, kamu bisa mencurahkan isi hati dan suatu saat bisa mengenangnya. Mirip seperti buku diary, melalui journaling kamu bisa mengisinya dengan keseharianmu. Tapi ini berbeda dengan bullet journal yang lebih sebagai planner. Lalu, apa saja ya manfaat melakukan journaling?

1. Mengurangi Stress

stres
Journaling atasi stress pikiran menumpuk/sumber: freepik.com


Saat melakukan journaling, kamu akan mencurahkan segala isi hati dan kecemasan yang ada dalam dirimu. Biasanya, ada keterbatasan seseorang saat bercerita kepada orang lain. Melalui journaling kamu bisa menuliskan apapun karena hanya kamu yang akan membacanya nanti.

Baca Juga  Pemkab Kepulauan Sula Akan Siapkan Dua Kapal Gratis Untuk Masyarakat

Journaling bisa mengurangi stres karena beban dan kecemasan dalam diri telah tersalurkan, sehingga memberikan rasa lega.

2. Jujur Kepada Diri Sendiri

Terbiasa menceritakan hal-hal pribadi dengan diri sendiri membuat kamu bisa lebih terbuka dan jujur atas perasaan, pemikiran, dan pendapat yang kamu miliki. Bisa jadi saat kamu mengungkapkannya kepada orang lain akan ada tentangan, tapi kamu bisa jujur pada dirimu sendiri.

3. Membuat Lebih Fokus

jurnal
Journaling/ sumber: freepik.com

Menulis akan melatih tingkat fokusmu lho. Kamu bisa memberikan poin-poin tertentu dalam jurnalmu, misal hal A berkaitan dengan kecemasan, dan hal B berkaitan dengan rasa syukurmu akan hal itu atau hari itu. Jadi kamu terlatih untuk fokus dan bisa jadi menyelesaikan masalah lebih efektif juga.

Baca Juga  Jelang Sholat Jumat, Brimob Maluku Sterilisasi Sejumlah Masjid di Kota Ambon

4. Refleksi Diri

Ketika kamu sudah menulis rutin apa yang terjadi dengan dirimu dan sebagainya, kamu juga boleh lho untuk membaca ulang. Melalui cara ini kamu bisa mengenal dirimu lebih baik dan memperbaiki diri apabila kamu yang dulu belum dirasa belum sesuai.

5. Mempertajam Ingatan

Banyak orang yang lupa dengan kejadian saat pagi atau yang baru saja dilakukan. Melalui journaling kamu akan terbiasa mengingat apa yang terjadi selama satu hari agar kamu bisa mencatatnya. Journaling sangat baik melatih ingatan dan mempertajamnya.

Apakah kamu tertarik memulai journaling? Cara membuat jurnal tidak sulit, kamu bisa menggunakan buku apapun untuk mulai menulis. Kamu juga boleh memberikan kategori pada jurnalmu, tentang apa yang akan kamu tulis nanti. Selamat mencoba!

Baca Juga  Hirup aroma lem, 6 anak diamankan di Mapolres Ambon

(red/beautynesia)

No More Posts Available.

No more pages to load.