Kondisi Bangunan Perpustakaan IAIN Ambon Makin Makin Parah, “Warga Kampus Evakuasi Ratusan Karung Buku

oleh -335 views
Link Banner

@porostimur.com | Ambon, – Ratusan civitas akademika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, mulai dari mahasiswa, cleaning servis, pegawai dan pimpinan bahu-membahu mengevakuasi buku sejumlah 600 karung yang terjebak dalam reruntuhan gedung perpustakaan, Senin (10/6) pukul 16:41 WIT.

Rektor IAIN Ambon, Dr. Hasbullah Toisutta, M.Ag, yang turut langsung memantau proses evakuasi mengatakan, bagi sebuah lembaga perguruan tinggi keberadaan perpustakaan sangat penting dan merupakan jantungnya kampus. Karena disitu terdapat buku yang di mana menjadi sumber referensi bagi mahasiswa.

“Jadi, kita tetap berupaya semaksimal mungkin untuk menyelamatkan semua aset yang ada di dalam perpustakaan, termasuk buku”, ungkap Toisutta di depan Gedung Perpustakaan.

Meski kondisi gedung terlihat parah dan hampir roboh, tambah Rektor, buku-buku yang awalnya terjebak dalam reruntuhan gedung harus tetap diselamatkan.

Baca Juga  Kekerasan meningkat, gabungan organisasi di Tual gelar aksi damai

Menurut Hasbullah Toisutta, sementara buku yang telah diangkat akan diamankan di lantai dua gedung Student Centre. “Saya telah perintahkan seluruh pegawai untuk secepatnya pindah ke gedung Student Centre”, tuturnya.

Suasana evakuasi berlangsung aman. Tetapi, sesekali getaran masih terjadi sehingga mengakibatkan orang berlarian keluar dari dalam gedung.

Sementara itu, Ibrahim Hehanussa, salah satu mahasiswa jurusan Akhwalu Syayiah, Fakultas Syariah, yang langsung masuk ke dalam gedung untuk mengeluarkan buku-buku, mengharapkan agar bukan saja pimpinan, mahasiswa juga harus turut aktif guna mengevakuasi aset berharga kampus.

“Dari awal kejadian, gerakan mahasiswa harus ada untuk mengamankan aset yang ada dalam gedung, karena IAIN Ambon punya kita semua”, tutup Ibrahim.