DPRD Harap Persoalan UMKM Cepat Selesai

oleh -37 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Ketua Komisi II DPRD Kota Ambon, Jefri Taihuttu menyampaikan setelah diadakan pembahasan APBD, DPRD akan mengundang dinas terkait untuk membahas dana UMKM,” ungkap Jafri kepada wartawan di Kantor DPRD Kota Ambon, Jumat (27/11/2020).

“Dalam waktu dekat kami akan memanggil Dinas Koperasi, Pegadaian, BRI dan juga BNI terkait program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif Usaha Mikro (BPUM),” ungkapnya

Bantuan tersebut diharapkan menjadi pemicu agar perekonomian bagi pelaku usaha kecil dan menengah tetap berputar dengan nominal Rp2,4 Juta yang langsung diberikan ke rekening penerima.

Sayangnya, program bantuan yang termasuk dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) ini dinilai masyarakat Kota Ambon masih memiliki persoalan khususnya mengenai mekanisme penyaluran dana yang rumit.

Menurut Jefri, data yang diinput oleh Dinas Koperasi sebanyak 21 ribu.

Baca Juga  Anis Matta: Islam Sampaikan Lima Pesan Bagaimana Hadapi Krisis

“Kemarin ketika rapat dengan pihak BRI untuk sertifikasi, saya cek ternyata baru 7 ribu. Oleh karena itu kita mesti libatkan lagi Dinas Koperasi, BRI dan BNI termasuk juga Pegadaian untuk melakukan pemeriksaan termasuk mekanisme penyaluran dana dan juga persyaratan-persyaratan yang harus dilengkapi oleh para penerima bantuan,” ungkapnya.

Selain soal mekanisme penyaluran dana, Jefri juga mengatakan pentingnya melakukan verifikasi dan validasi sehingga bisa mendapatkan data yang jelas. (alen)