Gerakan Ve’e Kes Yang & Kota Langgur Kembali Raih Award

oleh -33 views
Link Banner

Porostimur.com | Langgur: Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara kembali untuk kedua kalinya mendapatkan award dari pemerintah pusat.

Penghargaan itu diterima langsung Bupati Malra, M. Thaher Hanubun, dalam dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2021 bersama Presiden Republik Indonesia yang digelar secara virtual, Rabu (25/8/2021).

Rapat Koordinasi Inflasi Dearah (TPID) dipimpin langsung Ketua Tim Inflasi, Menteri Perekonomian Indonesia, Airlangga Hartarto dihadiri para Menteri Kabinet Indonesia Bersatu, Pimpinan Lembaga Tinggi Negara, Gubernur, Bupati dan Walikota seluruh Indonesia.

Dalam rapat TPID tahun 2021 ini, Kabupaten Maluku Tenggara kembali mendapat Award atas program Ve’e Kes Yang.

Program ini dicanangkan Bupati Malra M. Thaher Hanubun pada tahun 2019 akibat pandemi Covid-19 yang mewabah secara global termasuk Indonesia dan khususnya Malra hingga kini.

Baca Juga  Buka Sasi di Ohoi Letman, Hanubun Pastikan Pelayanan Masyarakat Tetap Berjalan

Program Ve’e Kes Yang ini bertujuan untuk memperkuat ketahanan pangan daerah, berdasarkan arahan Presiden Republik Indonesia pada awal penyebaran Covid-19.

Selain program Ve’e Kes Yang, Ibukota Malra, Langgur, juga mendapatkan Award, berdasarkan penilaian pemerintah, dimana Kota Langgur mewakili tiga wilayah yakni Nusa Tenggara, Papua dan Maluku.

Kabupaten Malra dengan Ibukota Langgur, mendapat Award dalam penilaian pemerintah pusat sebagai kabupaten terbaik se-Indonesia pada tahun 2020.

Untuk diketahui, gerakan ketahanan pangan Maluku Tenggara yang dikenal dengan sebutan Ve’e Kees Yang, adalah ungkapan dengan bahasa khas daerah Kei yang artinya kebun perbekalan.

Program yang dicanangkan Hanubun ini bertujuan untuk mendorong ketahanan pangan Nasional, yang bertumpu pada daerah setempat.

Baca Juga  Bahas Persiapan STQ, Kakanwil Kemenag Malut Silaturahmi Dengan Direktur Penais Kemenag RI

Dalam rapat koordinasi virtual ini, pemerintah Maluku Tenggara ini diwakili Bupati Malra serta Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan, Pejabat Eselon serta seluruh SKPD dan PPK lingkup Pemda Malra.

Usai rapat koordinasi virtual TPID, Hanubun, dalam paparan singkat mengajak seluruh masyarakat Langgur bersyukur atas penghargaan yang diberikan pemerintah pusat.

“Harapannya agar kedepan Kabupaten Malra dengan Ibukota Langgur terus mempertahankan penghargaan ini, tentunya dengan peningkatan ekonomi masyarakat,” kata Hanubun.

“Semua ini tentu kita bersyukur pada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, namun jika dikatakan puasa maka tentu secara pribadi belum puas, dan tentunya akan terus bergerak dalam meningkatkan ekonomi daerah,” imbuhnya.

Hanubun menambahkan, selaku Bupati Malra dengan 11 kecamatan, 192 ohoi atau desa akan mendorong produksifitas masyarakat melalui budidaya rumput laut pada tahun 2022, sehingga ekonomi masyarakat terus meningkat dan sejalan dengan RPJMD tahu tahun 2023. (saad)

No More Posts Available.

No more pages to load.