Jemaah Berkumpul di Bukit Arafah, 1,83 Juta Orang Ikuti Ibadah Haji Tahun ini

oleh -6 views
Jemaah haji berkumpul di puncak bukit Arafah yang dikenal sebagai Bunung Rahmat dekat kota suci Mekah, Arab Saudi, Sabtu, 15 Juni 2024. (AP/AP)

Porostimur.com, Makkah – Umat Islam dari seluruh dunia yang tengah menunaikan ibadah haji, pada Sabtu (15/6/2024), berkumpul di Bukit Arafah untuk berdoa memohon belas kasih, berkah, kemakmuran, dan kesehatan kepada Allah Swt. Kegiatan ini dianggap sebagai salah satu puncak dari ibadah haji karena paling banyak menjadi kenangan berkesan bagi para jemaah.

Ribuan jemaah berjalan di sini melewati kegelapan dini hari, sambil membacakan “Labbaik Allahumma Labbaik” (Ya Tuhan, inilah saya menjawab panggilan Anda) dan ayat-ayat Al-Qur’an.

Saudi Press Agency melaporkan, jumlah jemaah haji tahun ini mencapai 1.833.164 orang.

Sebagian besar jemaah haji di Arafah membawa payung, sementara sebagian lainnya duduk di bawah naungan menghindari teriknya matahari. Banyak yang terlihat memercikkan air ke wajah dan tubuh mereka. 

Baca Juga  7 Cara Menghindari Friendzone Sebelum Terlambat!

Menteri Kesehatan Saudi Fahd bin Abdurrahman Al-Jalajel mengatakan lebih dari 150 jemaah telah dirawat karena kelelahan akibat panas. Dia mengimbau para jemaah untuk minum air dan membawa payung saat mereka menunaikan ibadah haji.

Saat matahari terbenam pada hari Sabtu, jemaah kemudian meninggalkan Bukit Arafah dan menuju ke situs terdekat yang dikenal sebagai Muzdalifah untuk mengumpulkan kerikil yang akan mereka gunakan dalam pelemparan batu secara simbolis pada pilar yang melambangkan setan di Mina. 

No More Posts Available.

No more pages to load.