Komunitas Literasi Lum’nitu Hena Lima dan Mahasiswa KKN IAIN Ambon Bersihkan Pantai Negeri Lima dari Sampah

oleh -52 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Komunitas Literasi Lum’nitu Hena Lima turut tergabung dalam aksi membersihkan pantai program KKN mahasiswa IAIN Ambon.

Bersih-bersih pantai merupakan program dari Mahasiswa KKN IAIN Ambon yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata di Desa Negeri Lima. Pada aksi bersih pantai tersebut, mahasiswa KKN IAIN Ambon juga mengundang berbagai elemen termasuk Komunitas Literasi Lum’Nitu, Sabtu (24/7/2021).

Komunitas Literasi Lum’Nitu Hena Lima merupakan komunitas bergerak di bidang literasi budaya dan baca tulis. Komunitas tersebut dibentuk untuk mengembangkan generasi baik dari sisi budaya maupun baca tulis. Namun tidak terlepas dari kegiatan-kegiatan sosial yang memiliki dampak positif bagi masyarakat.

Koordinator komunitas literasi Lum’Nitu, Syek M. Sopaluw mengatakan “Ini merupakan kegiatan sosial yang juga menjadi tanggung jawab bersama demi memeliahara lingkungan dan mencegah dampak alam yang tidak diinginkan, oleh karena itu Lum’Nitu juga memiliki peran penting dalam menjaga alam lebih terkhusus pantai terkait sampah yang ada”.

Kegiatan ini dimulai pada jam 10.00 WIT dan digelar di sepanjang pantai Desa Negeri Lima Kecamatan Leihitu, aksi bersih sampah ini dilakukan dengan menyusuri pantai Desa Negeri Lima. Dari kegiatan itu, sampah berhasil dikumpulkan sekitar 50 kantong yang didominasi sampah plastik.

Baca Juga  Kapolres Malteng Sosialisasi Protokol Kesehatan Kepada Nelayan

Syeik menambahkan, bersih-bersih sampah di pantai ini dilatarbelakangi banyaknya sampah yang ada di laut dan pantainya. Apalagi Desa Negeri Lima memiliki wilayah pantai yang panjang sehingga program yang dibuat oleh Mahasiswa KKN IAIN Ambon tersebut perlu diapresiasi sehingga perlu didukung.

Syeik juga mengajak masyarakat Desa Negeri Lima untuk dapat membersihkan pantai dan peduli dengan kebersihan pantai dan laut. Karena dengan pantai yang bersih seluruh masyarakat pasti akan merasa nyaman dan senang serta alam dapat terjaga. Dalam jangka panjang, kalau pantai dan lautnya bersih, kata dia, generasi yang akan datang pasti akan lebih baik.

“Kami dari Komunitas Literasi Lum’Nitu Hena Lima sangat mendukung program Mahasiswa KKN IAIN Ambon dalam pembersihan pantai, sehingga menjadi contoh kepada masyarakat tentang pentingnya pemeliharaan pantai serta tidak lagi membuang sampah di pantai. Memang tidak langsung masyarakat dapat berubah dengan serta merta. Tetapi sebagai bentuk kepedulian maka kami dapat mengurangi sedikit demi sedikit,” pungkasnya. (nur)