Memaknai Pasar Bebas Dalam Proses Marketing Politik

oleh -29 views

Oleh : Said Lestaluhu, Akademisi Fisip Unpatti Ambon

Kehidupan demokrasi kita saat ini layaknya seperti pasar bebas. Para penjual harus cerdas membaca selera pembeli/konsumen.

Biasanya harga barang yang murah sangat laris manis diburu pembeli yang berada pada level/kategori pembeli yang pendapatannya rendah, apalagi kalau dikasih gratis sama penjual, produknya pasti cepat habis dilahap.

Sedangkan barang yang kualitasnya bagus tapi harganya tinggi terkadang hanya memiliki segmen pasar kelas menengah ke atas yang jumlahnya sangat terbatas.

Namun berdasarkan fakta, harga dan kualitas suatu barang juga ditentukan oleh bagiamana cara promosi dan proses persuasi guna mengubah pengetahuan, sikap dan perilaku konsumen agar dapat membeli produknya.

Baca Juga  Dinas Perpustakaan Kota Ambon Gelar Bimtek

Berbagai startegi seringkali dilakukan oleh penjual, biasanya melalui pemetaan pasar guna mengidentifikasi calon pembeli potensial, strategi penjualan melalui paket diskon, kredit maupun yang lain.

Metode pemasarannya juga bisa beragam, mulai dari door to door, papalele kata orang ambon, multy level marketing (MLM) atau menggunakan platform media sosial (FB, IG, TikTok, Youtube dll) guna menjangkau konsumen yang lebih luas.

Tentu dalam proses pemasaran tersebut selalu diakhiri dengan transaksi yang dapat menunjukan mereka pada posisi untung dan rugi.

No More Posts Available.

No more pages to load.