Nunik Dan Musa Diduga Gelontorkan Miliaran ke Muhaimin Iskandar

oleh -138 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Terungkap pekan ini, dana miliran rupiah lewat Chusnunia Chalim serta Musa Zainuddin diduga mengalir ke kantong Ketum PKB Muhaimin Iskandar.

Dana yang digelontorkan Chusnunia Chalim alias Nunik diduga terkait “mahar” Rp18 miliar dari Mustafa untuk rekom DPP PKB sebagai calon gubernur Lampung periode 2019-2024.

Sedangkan Musa Zainuddin diduga bagi-bagi uang kepada Muhaimin Iskandar terkait suap Rp7 miliar untuk memuluskan proyek infrastruktur Kementrian PUPR.

Karena Nunik memilih berpasangan dengan Arinal Djunaidi, Mustafa menerima pengembalian “maharnya” sebanyak Rp14 miliar. Sisanya, Rp4 miliar belum kembali ke mantan bupati Lampung Tengah itu hingga kini.

Selain diduga kena cipratan uang suap, Muhaimin Iskandar diduga berupaya menggagalkan permohonan justice collaborator Musa Zainuddin.

Baca Juga  7 Aplikasi Terbaik untuk Bersosialisasi Secara Virtual
Musa dan Nunik

Awal Oktober lalu, Musa mengkonfirmasi surat permohonan menjadi justice collaborator yang diajukan pada sekitar Juli lalu. Ia juga membuka kronologi aliran dana suap Rp 7 miliar yang selama ini tak terungkap di pengadilan dan pemeriksaan.

Belakangan, Musa mengaku duit suap itu tidak ia nikmati sendiri, tapi mengalir ke sejumlah koleganya di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Berbeda dengan keterangan di persidangan, aliran dana suap dari Abdul Khoir diakuinya hanya diterima Rp1 miliar. Selebihnya, Rp6 miliar diserahkan kepada Sekretaris Fraksi PKB Jazilul Fawaid.

Musa mengaku selama ini berbohong untuk menutupi peran para koleganya selama ini lantaran menerima instruksi dari dua petinggi partai dari Muhaimin Iskandar agar kasus suap itu berhenti di Musa. (red/rtl/rmol)