Nyeri saat Haid? Ini 5 Olahraga yang Cocok untuk Mengatasinya

oleh -30 views

Porostimur.com, Ambon – Nyeri saat haid atau dismenore adalah masalah umum yang dialami oleh banyak wanita di seluruh dunia. Dismenore dapat mengganggu kualitas hidup sehari-hari dan membuat aktivitas fisik terasa lebih sulit selama periode menstruasi.

Namun, olahraga dapat menjadi solusi alami yang efektif untuk mengurangi nyeri saat haid. Dikutip dari laman evidentlycochrane dan goodrx, berikut ini lima jenis olahraga yang cocok untuk mengatasi nyeri haid.

1. Yoga

Yoga adalah salah satu olahraga yang sangat bermanfaat untuk mengurangi nyeri saat haid. Gerakan dan peregangan dalam yoga membantu meredakan ketegangan otot, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi peradangan. Posisi-posisi seperti Child’s Pose, Cat-Cow, dan Pigeon Pose dapat membantu meredakan ketegangan di area perut dan panggul yang sering kali menjadi penyebab nyeri haid.

Baca Juga  Pemkab Kepulauan Sula Gelar FGD Evaluasi Perkembangan Kawasan Transmigrasi Mangoli

2. Berjalan Kaki

Berjalan kaki adalah aktivitas fisik yang rendah intensitas namun sangat bermanfaat untuk mengatasi nyeri haid. Berjalan kaki membantu meningkatkan aliran darah ke area perut dan panggul, merangsang pelepasan endorfin (hormon perasaan baik), serta mengurangi kram otot. Cobalah untuk berjalan selama 30 menit setiap hari selama periode menstruasi.

No More Posts Available.

No more pages to load.