Penegak Hukum Diminta Telusuri Dugaan Korupsi Dana DAK SMK di Dikbud Malut

oleh -91 views

Porostimur.com, Ternate – Praktisi hukum Roslan meminta aparat penegak hukum segera menelusuri indikasi penyalahgunaan anggaran DAK Fisik di bidang SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara, Tahun 2020 hingga 2022.

Roslan mengatakan, anggaran ini tidak dimaksimalkan penyerapannya oleh Dikbud. Selain itu juga tidak adanya keterbukaan informasi publik sebagai bentuk check and balance bagi publik secara keseluruhan untuk ikut serta mengawasi pelaksanaan di lapangan.

“Oleh karena itu, terkait indikasi penyalahgunaan anggaran tersebut kami berharap ada langkah tegas yang diambil oleh aparat penegak hukum dalam hal ini pihak kejaksaan tinggi maupun Polda Malut untuk segera melakukan pengumpulan data dan pengumpulan bahan,” kata Roslan, Kamis (25/5/2023).

Baca Juga  Hari ini Mbappe Sapa Bernabeu, Pakai Jersey Nomor 9

Ia menambahkan, keterangan dalam bentuk penyelidikan dengan memanggil pihak-pihak terkait untuk dimintai keterangan klarifikasi perlu dilakukan agar dapat diketahui apakah dalam pengelolaan anggaran tersebut telah sesuai atau justru ada perbuatan melawan hukum

“Jadi permintaan keterangan dalam bentuk klarifikasi ini penting sehingga tidak menimbulkan persepsi negatif di masyarakat atas pengelolaan dana tersebut,” tegasnya

Roslan berharap upaya pengungkapan indikasi penyalahgunaan anggaran tersebut dapat diproses dengan tegas oleh aparat penegak hukum. Hal ini untuk mengantisipasi adanya oknum-oknum tertentu yang mencoba mengambil keuntungan dari program DAK tersebut.

No More Posts Available.

No more pages to load.