Peringatan Dini BMKG: Gelombang Tinggi Bisa Terjadi di Sejumlah Wilayah di Maluku – Malut

oleh -45 views
Link Banner

@porostimur.com | Ambon: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi peringatan dini gelombang tinggi di beberapa wilayah perairan Indonesia.

Link Banner

Peringatan tersebut dikeluarkan BMKG pada Selasa (2/7/2019) dan berlaku pada 2-5 Juli 2019.

BMKG menjelaskan adanya pola sirkulasi angin di Samudra Pasifik utara Papua.

Pola angin di wilayah utara ekuator umumnya dari Selatan- Barat Daya dengan kecepatan 4 – 30 knot, sedangkan di wilayahselatan ekuator umumnya dari Timur – Tenggara dengan kecepatan 4 – 25 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Cina selatan, Perairan selatan Banten, Laut Banda, Perairan selatan P. Buru, Perairan timur Sulawesi tenggara.

Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah Maluku dan Maluku Utara.

Baca Juga  Polres Halsel Berangkatkan Ratusan Casis Polri yang Lolos Pemeriksaan Awal ke Polda Malut

Gelombang 1,25 – 2,5 meter diperkirakan akan terjadi di perairan Halmahera Kepulauan Sula, Laut Maluku dan Seram. Selatan Buru, Kepulauan Leti dan Tanimbar, Laut Banda, bagian selatan Kepulauan Kei dan Aru serta Laut Arafura.

Sementara hujan masih berpotensi terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang sesaat di wilayah: Kab. Maluku Tengah, Kec. : Nusa Laut, Saparua , Haruku, Leihitu, Salahutu, Amahai, Masohi, Teon Nila Serua, Teluk Elpaputih, Seram Utara, Seram Utara Barat dan sekitarnya.

Hujan juga terjadi di Kab. Seram Bag. Barat, Kec. : Kairatu, Kairatu Barat, Kairatu Timur, Hunitetu, Seram Barat, Taniwel, Taniwel Timur dan sekitarnya. (red)