Postingan FB Ali Key, picu konsentrasi massa di Kota Tual

oleh -77 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Gara-gara postingan di media sosial facebook (FB), seorang warga Kota Tual, Ali Fadirubun alias Ali Key, hampir saja menjadi korban amuk massa, Minggu (12/8), sekitar pukul 21.00 Wit.

Informasi yang berhasil dihimpun wartawan dari tubuh Kepolisian Resort (Polres) Maluku Tenggara (Malra), menyebutkan massa yang terbakar emosinya ini mewakili keluarga Walikota Tual, Adam Rahayaan,S.Ag,M.Si.

Kekisruhan ini berawal dari adanya postingan pada akun FB milik Ali Key berisikan gambar Rahayaan namun pada lehernya terdapat gambar sebilah parang bertuliskan ”beta akan sembeli Rahayaan pu leher”.

Postingan ini kemudian dilayangkan kepada salah satu saudara ipar Walikota Tual bernama Cen.

Link Banner

Melihat postingan dimaksud, Cen pun bergerak cepat ke rumah Walikota Tual seraya menyampaikan apa yang dilihatnya itu.

Baca Juga  Danramil 1504-03 Gandeng Forkopimda Kecamatan Saparua Berbagi di Tengah Pandemi Covid-19

Sontak saja, kabar yang disampaikan Cen memicu adrenalin keluarga Rahayaan yang kemudian mengumpulkan massa yang sudah dilengkapi senjata tajam (sajam) berupa parang.

Massa keluarga Rahayaan kemudian bergerak menuju ke Jalan Pattimura, Kecamatan Dullah Selatan, Kota Tual, dengan maksud mencari Ali Key dan mempertanyakan isi postingan pada akun FBnya.

Sayangnya, kedatangan massa keluarga Rahayaan pun disambut panas oleh massa dari keluarga Ali Key yang tidak terima sanak familinya bakalan dikerasi dan menyebabkan ketegangan antara kedua belah pihak pun terjadi.

Saat konsentrasi massa kedua belah pihak mulai meningkat, personil Polres Malra didampingi Polsek Dullah Selatan berhasil membubarkannya.

Kedua belah pihak dihimbau membubarkan diri dan kembali ke kediamannya masing-masing.

Baca Juga  Kunjungi 5 Masjid, Kapolda Maluku Bantu Sembako untuk Imam dan Marbot

Sebelumnya, Kabag Ops Polres Malra pun memberikan himbauan kepada massa yang berkonsentrasi tentang menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Menengahi itu, apara Polres Malra juga sudah melakukan pengecekan ke akun FB Ali Key, namun tidak ditemukan postingan gambar maupun status seperti yang diungkapkan Cen kepada keluarga Rahayaan sebelumnya.

Mengantisipasi semakin berlarutnya ketegangan antara massa kedua belah pihak, Polres Malra pun mengintensifkan patroli dialogis, dengan melibatkan aparat dari Polres Malra, Brimob Kompi 1 Detasemen C Pelopor dan Brimob BKO Polda Maluku, dengan memfokuskan lokasi patroli di seputaran Jalan Pattimura. (pt-03)