Sambut Lebaran, umat Muslim Manokwari gelar takbir keliling

oleh -63 views
Link Banner

@Porostimur.com  | Manokwari : Merayakan kemenangan rohaniahnya setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa, Umat Islam di Kota Manokwari pun menggelar pawai takbir keliling, Kamis (14/6), pukul 20.30 Wit.

Dimana, pelaksanaan takbir keliling ini mengacu pada penentuan 1 Syawal 1439 Hijriah dalam Sidang Isbat yang digelar oleh Kementerian Agama Republik Indonesia di Jakarta.

Rombongan Takbir keliling yang di lepas secara resmi oleh Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan ini, mendapat pengawalan ketat ratusan personil Polri dan melintasi Jalan Borobudur hingga Jalan YoS Sudarso Sanggeng, Jalan Pasir dan Jalan Trikora Wosi.

Dalam sambutannya, Ketua Perayaan Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Manokwari, H. Abdul Rohim, menjelaskan Hilal telah terlihat di daerah Sulawesi Selatan, tepatnya di Kota Makassar, sehingga dipastikan hari ini Jumat (15/6) ditentukan sebagai 1 Syawal 1439 Hijriah dan akan digelar Sholat Ied.

Link Banner

Dihimbaunya umat Muslim untuk menjaga ketertiban dan keslamatan selama takbir keliling ini dilaksanakan.

Baca Juga  LAI Halsel, Desak Komisi I DPRD Tuntaskan Persoalan di Desa Tawa

Kesempatan yang sama, Kapolres Manokwari, AKBP. Adam Erwindi, juag menyampaikan ajakan yang sama.

Dimana banyaknya warga, khususnya umat Muslim yang mengikuti takbir keliling ini termasuk anak-anak, jelasnya, sehingga peserta pawai dihimbaunya dapat menjaga jarak dan tidak melakukan hal yang merugikan orang lain dan diri sendiri.

Dipastikannya, pihaknya akan tetap mengamankan jalannya takbir keliling hingga selesai.

”Saya hanya mengingatkan rombongan untuk menjaga jarak, karena banyak anak kecil yang ikut takbiran ini, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kami akan tetap mengawal ketat, kegiatan takbir keliling ini,” ujarnya.

Sementara Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan, berkesempatan melepas rombongan takbir keliling ini, menjelaskan momentum dimaksud merupakan puncak dari ibadah puasa yang telah berjalan selama sebulan penuh, sehingga patut disyukuri sebagai anugerah Allah.

Baca Juga  Kakankemenag SBB Serahkan DIPA dan RKAKL Tahun 2020

Selain menyampaikan ucapan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah, Mandacan juga berharap Lebaran menjadi hari kemenangan dalam kehidupan keluarga, masyarakat, berbangsa dan bernegara.

”Kepada umat islam untuk bersyukur atas kesempatan yang diberikan, hingga tiba di puncak perayaan Idul Fitri 1439 Hijriah. Saya mengucapkan selamat merayakan Idul Fitri 1439 Hijriyah, jika ada salah harap dimaafkan,” pungkasnya. (jefri)