Saniri Negeri Urimessing Megikuti Pengembagan Kapasitas Kelembagaan dan Personal

oleh -75 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Saniri Negeri adalah lembaga adat yang mempunyai tugas dan peran yang ganda baik dari sisi adat maupun pemerintahan dan merupakan mitra sejajar dengan pemerintah Negeri.

Dengan tugas yang ganda itu maka perlu dilakukan penguatan kapasitas baik secara kelembagaan maupun personal.

Karena itu oleh Pemerintah Kota Ambon telah bekerja sama dengan Universitas Katolik (UNIKA) Soegijapranata Semarang untuk megedukasi para Saniri Negeri di Kota Ambon tentang tugas dan peran baik secara Kelembagaan dan personal guna bersama-sama pemerintah negeri membangun negeri .

Beberapa hari sebelumnya narasumber dari UNIKA Semarang telah melaksanakan apa yang telah disepakati bersama Pemkot Ambon dengan mendatangi beberapa negeri di Kota Ambon untuk melakukan pengembangan kapasitas lembaga Saniri yang aspiratif pada pembangunan masyarakat desa adat di kota Ambon.

Hari ini Jum’at (4/6/2021) di Marina Hotel Kota Ambon, sembilan Saniri Negari kota Ambon, mengikuti pegembagan kapasitas yang di pandu dengan 4 modul yang telah disiapkan oleh narasumber dari UNIKA Semarang, yang dipimpin oleh Doktor Trihoni Nalesti Dewi.

Baca Juga  Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Kapal Nautika, Imran Yakub Datangi Kejati Malut

Menurut Trihoni, materi yang disiapkan untuk dijadikan bahan referensi dalam melaksanakan tugas sebagai Seniri Negeri baik secara kelembagaan maupun personal telah melalui sebuah proses penelitian secara akademis dan dapat dipertanggung jawabkan.

Lanjutnya modul yang disiapkan tim dari UNIKA Semarang ini lebih awal dilakukan penelitian dengan meminta masukan dari beberapa akademisi baik dari Universitas Pattimura Ambon dan IAIN Ambon, karena itu modul yang dijadikan bahan ajar bagi para Saniri Negeri Kota Ambon benar-benar tertanggung jawab dan sangat akademis.

Di tempat yang sama Pejabat Kepala Pemerintahan Negeri Urimessing, Arthur Solsolay, S.TP, M.I.KOM, mengatakan, kegiatan pengembangan kapasitas Saniri Negeri Urimessing di hari ini merupakan suatu langkah maju yang sangat penting sehingga dapat bersinergi dengan pemeritah Negari Urimessing untuk mensejahterakan masyarakat Urimessing melalui kegiatan dan program di Negeri Urimessing.

Baca Juga  Selain Sembako, Sekolah Juga Bakal Dikenakan PPN

Lanjut Solsolay, Saniri Negeri merupakan unsur yang paling penting dalam membagun negeri karena itu diharapkan kesembilan Saniri Negeri Urimessing dapat megikuti pengembagan kapasitas dihari ini dengan baik dengan tahapan- tahapan yang di atur oleh tim pelaksana.

Tambahnya sebagai pemerintah sangat bangga karena dari 22 negeri di kota Ambon, tahun 2021 ini ada 4 negeri saja mendapat kesempatan untuk kegiatan peningkatan kapasitas saniri negeri termasuk Saniri Negeri Urimessing. Karena itu dengan berbagai persoalan yang dialami oleh Negeri Urimessing diharapkan ada sejumlah ilmu dan pengetahun yang didapatkan hari ini sebagai modal dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang terjadi di Negeri Urimessing ini. (olof)

No More Posts Available.

No more pages to load.