Tak Hanya Mobil, Brabus Kini Garap Motor ‘Buas’ yang Tembus 180 HP!

oleh -18 views
Wujud motor baru Brabus 1300 R Foto: dok. Brabus
Link Banner

Porostimur.com, Jakarta – Rumah modifikasi atau tuner terkemuka asal Jerman, Brabus, kini memasuki dunia baru. Setelah terkenal dalam menggarap supercar, Brabus kini bekerja sama dengan KTM untuk membuat sebuah motor ‘super’ yang tenaganya tembus 180 HP, yakni Brabus 1300 R.

Mengambil basis dari KTM 1290 Superduke R Evo, tangan piawai para tuner Brabus memberikan sentuhan modifikasi untuk membuat tampilannya kian sangar dan performanya semakin buas.

All New Brabus 1300 RAll New Brabus 1300 R Foto: dok. Brabus

“All New Brabus 1300 R adalah sebuah motor yang memiliki desain yang keren, eksklusif, keanggunan kelas atas, dan performa tinggi. Ini adalah sepeda motor BRABUS pertama, motor naked yang dirancang dengan jelas untuk penggemar dengan perhatian terhadap detail,” tulis Brabus dalam keterangan resmi.

Baca Juga  KEK Morotai dan OISCA Bangun Monumen Perang Dunia II

Brabus 1300 R mengusung mesin standar KTM 1290 Superduke R Evo sejatinya sudah memiliki mesin yang bertenaga. Dari laman resmi KTM, mereka mengklaim mesin V-Twin berkapasitas 1.301 cc ini mampu mengeluarkan tenaga sekitar 180 HP dan torsi 140 Nm.

Namun Brabus mengoptimalkan mesinnya dengan tuning-an khas mereka dan menyematkan knalpot slip-on Brabus. Selain itu mereka menyematkan banyak part karbon yang membuat bobot motor kian ringan. Brabus mengklaim motor ini dapat berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu 3,2 detik saja.

All New Brabus 1300 RAll New Brabus 1300 R Foto: dok. Brabus

Dari segi tampilan, wujud KTM 1290 Superduke R Evo sudah tak begitu terasa. Brabus menyematkan sejumlah part khas mereka yang membuat tampilannya sedikit lebih kalem, namun tetap sangar.

Baca Juga  Maher Zain Kembali Lagi Lewat 2 Lagu Religi

Lampu utama yang meruncing khas KTM diubah dengan sebuah lampu utama yang bentuknya membulat. Selain itu, rangka tubular yang juga menjadi ikon KTM, diganti dengan rangka baru berkelir hitam.

Brabus juga memberi sentuhan terhadap banyak part printilan lainnya, mulai dari triple clamp, brake lever, footpegs, hingga tabung oli dan tabung reservoirs.

All New Brabus 1300 RAll New Brabus 1300 R Foto: dok. Brabus

Untuk urusan kaki-kaki, Brabus menyematkan pelek Monoblock Z forged palang sembilan yang ringan. Namun untuk suspensinya, masih mempertahankan sok WP APEX yang sudah semi-active.

Selain itu, untuk handling yang lebih akurat steering damper WP Pro juga disematkan ke Brabus 1300 R.

Brabus mengatakan, motor ini dijual secara eksklusif di dealer KTM dan dapat dibeli secara pre-order mulai dari Senin (14/2/22).

Baca Juga  BPBD Kepsul: 214 Korban Terbakarnya KM Karya Indah Berhasil Dievakuasi

Brabus 1300 R dijual terbatas hanya dalam 154 unit, di mana 77-nya berwarna Magma Red dan 77 lainnya berwarna Signature Black.

(red/detikcom)

No More Posts Available.

No more pages to load.