3 OPD di Kabupaten Kepulauan Aru Masuk Zona Hijau Kepatuhan Pelayanan Publik

oleh -26 views

Porostimur.com, Ambon – Tiga organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru, berhasil masuk ke zona hijau kepatuhan terhadap pelayanan publik tahun 2023.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Maluku Hasan Slamat, mengatakan Kabupaten Kepulauan Aru telah mengalami perbaikan signifikan dalam hal pelayanan publik.

“Meskipun masih ada beberapa OPD yang berada dalam zona kuning, namun sudah terdapat tiga OPD yang berada dalam zona hijau, yaitu 2 Puskesmas dan satu Dinas Pendidikan, hal ini menunjukkan bahwa pendidikan dan kesehatan merupakan prioritas utama dalam pelayanan publik di Kepulauan Aru,” ujarnya, Senin (26/2/2024) di Ambon.

Hasan Slamat juga mengungkapkan bahwa dimensi kepuasan publik terhadap pelayanan pemerintah di Kabupaten Kepulauan Aru mendapatkan nilai yang sangat baik, namun masih terdapat kekurangan dalam hal pengaduan masyarakat, karena website pengaduan yang telah disediakan sudah baik, tetapi perlu diperhatikan mengenai penanganan pengaduan dan kompetensi SDM yang terlibat.

Baca Juga  Ini 10 Hak dan Kewajiban Suami Kepada Istri Menurut Islam

“Diharapkan hasil survei ini dapat menjadi pemicu bagi Kabupaten Kepulauan Aru untuk terus meningkatkan pelayanan publik menuju zona hijau atau pelayanan prima, walaupun masih terdapat beberapa kekurangan terkait publikasi kegiatan pembangunan dan kemasyarakatan di Aru yang perlu diperbaiki,” tukas Hasan Slamat.