3 Tips Mengatasi Pasangan yang Sering Curiga Berlebihan

oleh -72 views
Link Banner

Porostimur.com – Ambon: Salah satu kunci untuk bisa menjalankan hubungan yang sehat dan langgeng adalah kepercayaan. Jika tidak didasari kepercayaan, maka sejatinya hubungan tersebut akan dipenuhi dengan rasa cemburu dan juga kecurigaan.

Timbul rasa curiga kepada pasangan adalah hal yang normal untuk dirasakan. Namun, apa jadinya jika curiga berlebihan? Selain tidak baik bagi kedua belah pihak, rasa curiga berlebihan ini juga bisa menghancurkan hubungan yang sudah dibangun sedemikian rupa.

Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi pasangan yang curiga berlebihan? Yuk, simak tips berikut ini!

Dengarkan Kekhawatiran Pasangan

Pasangan zodiak Gemini dan SagitariusIlustrasi pasangan/Foto: freepik.com/ tirachardz

Saat pasangan mulai curiga berlebihan, pasti ada kekhawatiran atau ketakutan yang sebenarnya sedang ia simpan. Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mendengarkan apa yang menjadi kekhawatirannya.

Tanyakan apa yang mereka khawatirkan sehingga membuat mereka bersikap curiga berlebihan. Apakah mungkin karena kalian jarang berkomunikasi? Atau karena sulit untuk menghubungi satu sama lain? Sering kali, hal-hal tersebut terabaikan dalam suatu hubungan, terlebih bagi hubungan yang sudah berlangsung cukup lama.

Baca Juga  Rusdi dan Imanullah Serahkan SK Karateker KNPI Halsel Kepada Irfan dan Ananta

Maka cobalah untuk menyadari perasaan pasangan dan memahami sudut pandangnya terlebih dahulu sebelum kamu buru-buru mengambil keputusan.

Berkomunikasi

tanya pada pasanganIlustrasi pasangan/Foto: Freepik.com/Senivpetro

Sama pentingnya dengan mendengarkan, kamu juga harus mengkomunikasikan apa yang kamu rasakan ketika pasangan mulai curiga berlebihan. Dicurigai saat mengangkat telepon, mengobrol dengan orang lain, sampai meragukan kesetiaan adalah contoh bentuk kecurigaan berlebihan. Katakan pada pasangan apa yang kamu rasakan saat ia melakukan hal tersebut.

Jelaskan kepada pasangan bahwa menjaga kepercayaan tidak hanya bisa dilakukan oleh satu pihak. Oleh karena itu, yakinkan kepada pasangan untuk memiliki rasa percaya kepada dirimu. Ingat, komunikasi mampu mengatasi berbagai permasalahan yang ada dalam hubungan.

Baca Juga  Dinilai ABS ke Menko Luhut Soal Lahan Ambon New Port, Kader Banteng Ramai-ramai Seruduk Murad Ismail

Luangkan Waktu untuk Sendiri

Selalu Menyempatkan Waktu untuk Me TimeIlustrasi me time/Foto: Pexels.com/miriam alonso/ Foto: Ruhil Anadiah Sabrina

Jika sikap curiga berlebih pasangan dirasa telah sangat mengganggu dan membuat kamu merasa ‘tercekik’ dalam hubungan, cobalah untuk meminta waktu untuk sendiri. Sebenarnya, dalam hubungan yang sehat, ruang untuk pribadi sangat dibutuhkan. Setiap manusia membutuhkan ruang pribadi bagi diri sendiri yang agar bisa mengambil keputusan-keputusan yang bebas dari tekanan orang lain.

Seperti yang sudah disebutkan, sikap curiga adalah hal yang normal. Namun jika dilakukan berlebihan, hubungan akan dipertaruhkan. Apabila kamu merasa sikap curiga berlebih tersebut sudah tidak bisa diatasi sendiri, kamu bisa mempertimbangkan untuk mendapatkan bantuan profesional.

Baca Juga  Kapolsek Mangoli Barat Akan Pulangkan 4 Gadis Belia yang Dipekerjakan Sebagai Pelayanan Cafe Remang-remang

(red/beautynesia)

No More Posts Available.

No more pages to load.