BMKG Catat Selama September 2021 Terjadi 805 Kali Gempa Bumi

oleh -22 views
Link Banner

Porostimur.com – Jakarta: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat dari hasil monitoring selama bulan September 2021, terjadi aktivitas gempa bumi sebanyak 805 kali.

“Catatan aktivitas gempa September 2021. Hasil monitoring BMKG menunjukkan, selama bulan September 2021 terjadi aktivitas gempa sebanyak 805 kali,” kata Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono dikutip dari media sosial pribadinya, Sabtu (2/10/2021).

Daryono mengatakan, gempa bumi dengan kekuatan atau magnitudo (M) di atas 5,0 terjadi sebanyak 11 kali. “Sedangkan gempa kecil dengan magnitudo kurang dari 5,0 terjadi sebanyak 794 kali. Ada pun gempa yang guncangannya dirasakan oleh masyarakat terjadi sebanyak 61 kali,” paparnya.

Sementara itu dari catatan BMKG, tercatat gempa merusak terjadi satu kali yakni pada 28 September 2021 lalu yang terjadi di Brebes, Bumiayu Jawa Tengah. Di mana, akibat gempa tersebut sebanyak 19 rumah warga mengalami kerusakan.

“Gempa merusak terjadi satu kali yaitu Gempa Brebes-Bumiayu magnitudo 3,0 pada 28 September 2021 pukul 8.40.40 WIB yang menimbulkan kerusakan wilayah Kecamatan Sirampog sebanyak 19 rumah warga,” ujar Daryono.

Baca Juga  DiskominfoSandi Kota Ambon dan Yayasan Arika Mahina Sosialisasi SP4N-LAPOR

Selain itu Daryono mengungkapkan, selama bulan September tercatat zona aktif gempa di Aceh Sumatera Utara, Lombok-Sumbawa-Bima Nusa Tenggara Barat (NTB), Zona Sulawesi Barat-Sulawesi Tengah-Sulawesi Utara, Laut Maluku, Ambon- Seram dan Papua Utara.

“Zona aktif gempa selama September 2021 terdapat di Aceh-Sumatera Utara, Lombok-Sumbawa- Bima, Sulbar-Sulsel-Sulteng-Sulut, Laut Maluku, Ambon-Seram, dan Papua Utara,” ungkap Daryono. (red)

No More Posts Available.

No more pages to load.