Dukung Palestina, Vokalis Pink Floyd Roger Waters Coret Tembok Pembatas Israel: ‘No Thought Control

oleh -40 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Musisi asal Inggris sekaligus vokalis Pink Floyd band, Roger Waters mencoret tembok pembatas Israel-Palestina.

Aksi Roger Waters coret tembok pembatas Israel tersebut kini menjadi perhatian publik dunia saat ini.

Mengutip artikel nbcnews.com, pencipta album legendaris ‘The Wall’ tampil di hadapan puluhan ribu penggemar Israel, Kamis lalu.

Di hadapan para penggemarnya, Roger Waters menyerukan Israel untuk merobohkan balok beton besar yang menutupi bagian Tepi Barat.

Diperkirakan 50.000 berkumpul di tempat terbuka yang disiapkan dengan tergesa-gesa untuk konser di sebelah desa Yahudi-Arab Neveh Shalom di Israel tengah.

Tepat sebelum akhir konser, Waters berbicara kepada penontonnya. “Saya percaya kita membutuhkan generasi Israel ini untuk merobohkan tembok dan berdamai dengan tetangga mereka,” katanya, memicu sorak-sorai.

Beberapa jam sebelum pertunjukan, Israel mengalami kemacetan terbesarnya.

Baca Juga  Dua Warganya Jadi Pasien Covid-19, Ini Cara Pemdes Hoku-Hoku Kie Menyemangati

Saat itu, Roger Waters menolak untuk tampil di tempat-tempat biasa untuk konser terbuka di Tel Aviv, mengutip penentangannya terhadap kebijakan Israel terhadap Palestina.

Musisi rock Inggris dan salah satu pendiri Pink Floyd Roger Waters menyemprotkan kata-kata “No Thought Control” di bagian penghalang pemisah Israel di Tepi Barat, Rabu. Waters menulis slogan di dinding sebagai protes terhadap pembangunan penghalang, yang menurut warga Palestina adalah perampasan tanah dan menurut Israel diperlukan untuk keamanannya. (Magnus Johansson / AP)

Akhirnya pihak terkait menyetujui jika lapangan sekitar setengah jalan antara Yerusalem dan Tel Aviv dipakai untuk pertujukannya tersebut.

Sulit untuk dipahami

Pada hari Rabu, setelah tiba di Israel, Roger Waters mengunjungi bagian dari tembok pemisah Tepi Barat Israel yang melewati kota Betlehem di Palestina.

Roger Waters menulis judul album legendarisnya, bertuliskan “No thought control,” pada tembok beton yang menjulang tinggi.

Roger Waters, legenda rock Inggris dan salah satu pendiri grup Pink Floyd, kunjungi tembok Israel yang mengelilingi kota Bethlehem di Tepi Barat, 21 Juni 2006. (electronicintifada.net/MaanImages/MagnusJohansson)

“Itu membuat saya ngeri,” kata Waters kepada wartawan di situs tersebut.

“Anda dapat melihat foto-foto dari sesuatu seperti ini, tetapi sampai Anda melihat bangunan yang sebenarnya dan apa yang dilakukannya terhadap komunitas-komunitas ini … Sulit untuk memahami bahwa mereka dapat melakukan ini.”

Baca Juga  Rusdi Yusuf Minta AHY Pecat Kader Demokrat Maluku Utara yang Ikut KLB

Israel mengatakan sedang membangun tembok untuk mencegah penyerang Palestina.

Para pelaku bom bunuh diri telah menewaskan lebih dari 500 orang Israel dan melukai lebih banyak lagi sejak pecahnya pertempuran antara kedua belah pihak pada September 2000.

Palestina mengecam rintangan itu sebagai front untuk merebut wilayah yang mereka klaim untuk negara masa depan.

Israel mengatakan penghalang setengah jadi sepanjang 470 mil itu akan menjadi 95 persen pagar elektronik dan hanya 5 persen tembok saat selesai.

(red/trubunnews)

No More Posts Available.

No more pages to load.