Polres Ambon Gulung 33 Pengguna Narkoba

oleh -35 views
Link Banner

@porostimur.com | Ambon: Dalam enam bulan operasi, Polres Pulau Ambon dan Pp. Leasa berhasil membongkar sejumlah jaringan sindikat narkoba di Kota Ambon. Polisi juga berhasil meringkus 33 orang pengguna barang haram tersebut.

Kapolres Pulau Ambon dan Pp. Lease AKBP. Sutrisno Hady Santoso, kepada media person mengatakan, operasi berlangsung sejak Januari hingga Juli 2019.

Link Banner

“Dalam operasi ini, kami dibantu BNNP Maluku dan pemerintah. Total ada 28 kasus Narkoba yang diungkap, dengan tersangka 33 orang”, kata Sutrisno.

Kapolres Hady Sutrisno mengatakan, rata-rata kasus tersebut, sudah dalam tahap sidik dan tahap penuntutan.

Ia merincikan, jumlah narkoba sesuai Barang Bukti (BB) untuk jenis Shabu-Shabu 12 kasus dengan total 5,4 gram, jenis Ganja 12 kasus denga berat 650,6 gram, dan narkotika jenis Sintetis 2 kasus dengan total 20.9974 gram.

Baca Juga  Wakil Ketua Dewan Pers Akan Kawal Pendaftaran JMSI

“Dari 33 tersangka itu, kita masih melakukan pencarian kepada pengedar dan kurir, disinyalir tidak berada di kota Ambon , atau berada di luar kota,” katanya.

Hady Sutrisno menambahkan, pengiriman barang sebagian besar menggunakan jalur laut yakni, dari Medan, Sumatra Utara, Papua, Jakarta dan Sulawesi Selatan.

“Pasal yang disangkakan, adalah pasal 111 dan padal 112 UU Nomor 35 tahum 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman diatas lima tahun,” jelas Kapolres.

Sutrisno menyebut, untuk memutus mata rantai peredaran barang itu, Polres P Ambon dan Pp Lease juga melakukan kerjasama dengan BNN dan pemerintah Daerah, serta melibatkan peran serta masyarakat secara aktif utuk mngawasi lingkungannya.

Baca Juga  Wujudkan kepemimpinan SANTUN, Perjanjian Malino jadi pedoman

“Selain itu sosialisasi juga kita lakukan di sekolah sekolah untuk menjelaskan bahaya narkotika,” ujar dia.

Para tersangka, yang masih dalam penyidilan itu, kini sudah dalam penahanan di Rutan Mapolres P Ambon dan Pp Lease. (keket)