Gua Hawang, Keindahan Berbalut Mitos di Kei Kecil, Maluku Tenggara

oleh -47 views
Link Banner

Porostimur.com | Langgur: Meskipun berada di gugusan kepulauan, obyek wisata di Langgur, Maluku Tenggara, tidak melulu pantai berpasir putih atau terumbu karang.

Di Langgur, ada sebuah gua bernama Gua Hawang.

Gua mengagumkan ini terletak di Desa Letvuan, sekitar 10-15 kilometer dari Langgur, ibu kota Maluku Tenggara. 

Gua ini menjadi salah satu obyek wisata yang memiliki kolam berair jernih dengan perpaduan stalagmit dan stalaktit.

Berenang di dalam gua dengan air sebening kaca tentu sangat menyenangkan, di Pulau Kei Kecil, Maluku Tenggara, kita dapat menjumpai lokasi seperti itu.

Keindahan paduan antara jernihnya air kolam dan langit-langit stalagmit dan stalaktit mampu membius para pengunjung. Hanya dengan menatap, kesegarannya sudah menghampiri.

Baca Juga  Bupati Malra Ikut Pasang Atap Gereja Ohoidertawun

Airnya yang jernih menghasilkan warna kebiruan. Dasar bebatuan dan kerikil begitu jelas terlihat. Begitu juga dengan pantulan stalagmit dan stalaktitnya. Ditambah bias cahaya matahari menambah keindahannya.

Kesegarannya air kolam selalu abadi, berasal dari mata air Evu dan mengalir melalui sungai bawah tanah. Mata air Evu merupakan sumber mata air terbesar di Kepulauan Kei.

Selain hanya sekedar mencebur dan mandi, pengunjung bisa juga menyelam atau sekadar snorkeling. Di sana terdapat dua lubang yang terpisah sejauh 15 meter, namun terhubung satu sama lain dengan kolam air.

Pilihan menyelam dari satu lubang kemudian muncul di lubang yang lain bia dilakukan. Puas mandi, pengunjung dapat benikmati Pantai Ngurbloat yang jaraknya tidak begitu jauh dari Gua Hawang.

Baca Juga  Pemkab Maluku Tenggara Serius Bangun Perbatasan NKRI

Keindahan berbalut mitos

Wisatawan berenang di Gua Hawang, Langgur, Maluku Tenggara, Kamis (15/3/2018). Gua ini merupakan salah satu tempat wisata di Maluku Tenggara

Gua Hawang sendiri berarti arwah. Nama itu disematkan lantaran warga Kepulaian Kei, Maluku Tenggara percaya jika Gua Hawang dihuni banyak hantu.

Konon jika mandi di kolam tersebut dan meminum airnya lalu berkata kasar, maka orang tersebut akan berubah menjadi batu.

Selain itu, jauh sebelum menjadi tempat wisata, gua ini terlebih dulu menjadi tempat bagi orang-orang untuk bersemedi, karena dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan.

Mitosnya, air di gua ini berkhasiat. Bisa membuat yang berenang di kolamnya awet muda, enteng jodoh hingga mendapatkan keturunan.

Terlepas dari mitos tersebut, memang menyenangkan untuk berenang di kolam Gua Hawang.

Membawa kacamata selam bisa jadi bermanfaat untuk bisa melihat dasar kolam dengan nyaman.

Baca Juga  Jelang Idul Fitri, DKPP Malra Gelar Pasar Daging Sapi Murah

Untuk menuju ke sana, wisatawan bisa menggunakan angkot dari Pasar Langgur dengan tarif Rp 7.000 atau bisa menggunakan kendaraan pribadi. Tarif masuknya Rp 25.000 per mobil.

(red)

No More Posts Available.

No more pages to load.