Ini yang Bikin Mahasiswa Semester 6 Sering Merasa Resah

oleh -37 views
Link Banner

Porostimur.com, Ambon – Memutuskan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi memanglah suatu keputusan yang tidak mudah. Mungkin jika masih di awal-awal semester mahasiswa maupun mahasiswi mempelajari hal-hal dasar sesuai jurusan.

Namun, seiring berjalannya waktu dan bertambahnya tingkat semester, maka tentu akan lebih banyak dan cukup berat tugasnya. Tingkat awal keresahan mahasiswa mahasiswi di bangku perkuliahan biasanya dimulai dari semester enam.

Bahkan tak sedikit mahasiswa yang merasa lelah untuk melanjutkan kuliah. Sebenarnya ada beberapa hal yang membuat mahasiswa semester 6 ini resah, di antaranya karena;

Banyaknya tugas

Sebagaimana yang kita tahu bahwa semakin tinggi tingkat semester di bangku perkuliahan, tak ayal jika semakin banyak dan cukup berat juga tugas yang didapatkan. Terlebih ketika para dosen pengampu memberikan tugas secara bersamaan. Namun, untuk menyelesaikan pendidikan hingga akhir, maka tentu saja tugas-tugas tersebut harus tetap diselesaikan dengan baik.

Baca Juga  Nisa Azahra, Bocah 5 Tahun Pengidap Tumor di Latu Butuh Uluran Tangan Dermawan

Jenuh

Banyaknya tugas yang selama ini didapatkan dari setiap dosen pengampu membuat mahasiswa jadi jenuh. Rasa bosan dan lelah secara fisik mungkin suatu hal yang kini mereka rasakan. Tak ayal jika sebagian dari para mahasiswa semester enam ini bahkan sempat berpikir untuk tidak melanjutkan pendidikannya.

Tugas lapangan

Dari kampus yang satu dengan lainnya biasanya berbeda-beda penyebutan dan jenis mata kuliahnya. Namun, memasuki semester enam rata-rata mahasiswa sudah mulai diterjunkan ke lapangan.

Mulai dari Kuliah Kerja Nyata (KKN) magang magang di sebuah perusahaan. Jika mahasiswa merasa belum cukup siap untuk melakukannya, tentu memasuki semester enam ini akan dirasa sangat meresahkan.

Baca Juga  Kenapa Biskuit Selalu Bolong-Bolong? Ternyata Ada Alasannya

Mulai menentukan judul skripsi

Memasuki semester ini banyak dosen menganjurkan untuk menentukan judul atau tema skripsi. Meski beberapa mahasiswa merasa hal ini merasa terlalu dini dan tidak siap, namun hal ini memang sangat perlu dilakukan.

Terlebih bagi yang ingin lulus lebih awal atau sekadar tepat waktu. Hal ini karena menentukan judul skripsi tidak semudah yamg dibayangkan. Bahkan dalam banyak kasus, tak sedikit pengajuan judul skripsi yang ditolak berkali-kali. (red/beritajatim)