Jajaran Kodam XVI/Pattimura Peringati Hari Pahlawan

oleh -46 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Untuk memperingati jasa-jasa para pahlawan, Kodam XVI/Pattimura memperingati hari Pahlawan dengan menggelar upacara yang dipimpin oleh Irdam XVI/Pattimura Kolonel Arh FX Mokoginta Sihotang yang diikuti oleh prajurit dan PNS Kodam XVI/Pattimura, bertempat di lapangan Makodam, Ambon, Minggu (10/11/2019).

Irdam XVI/Pattimura Kolonel Arh FX Mokoginta Sihotang menegaskan bahwa bangsa yang besar ialah bangsa yang menghargai jasa-jasa pahlawannya.

“Bangsa besar adalah bangsa yang mau menghargai, menghormati jasa-jasa pahlawannya,” ucap Sihotang.

Menurutnya, sudah menjadi kewajiban seluruh masyarakat Indonesia mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan.

“Kita ingat bahwa pahlawan telah berjuang, dan merebut kemerdekaan, dan kewajiban kita bersama sebagai penerus untuk terus mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan,” ujarnya.

Baca Juga  Dibuka Secara Online, Kemendagri dan Bappeda Malut Pantau Musrembang RKPD 2021 di Kepsul

Dikatakan, menjadi Pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun Warga Negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya.

Peringatan Hari Pahlawan, katanya, kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk dapat meningkatkan kesadaran untuk lebih cintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat.

“Jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia. Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggungjawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai, terpovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain. Mari kita maknai Hari Pahlawan ini dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia Maju,” ungkap Mensos dalam sambutan tertulisnya itu. (ebot)