Kebakaran Hanguskan Empat Bangunan di Ternate Utara

oleh -206 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Empat bangunan yang terletak di RT 003 RW 002 Kelurahan Kasturian, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara dilahap si jago merah, Rabu (7/4/2021).

Bangunan tersebut terdiri atas tiga rumah dan satu indekos.

Api diduga berasal dari ledakan kompor di salah satu kos-kosan sekira pukul 15.00 WIT. Api kemudian merembet cepat membakar rumah warga lainnya.

Enam unit mobil Pemadam Kebakaran diterjunkan ke lokasi untuk memadamkan si jago merah.

Link Banner

Peristiwa yang terjadi sekira pukul 14.30 WIT itu, menghanguskan 3 unit rumah dan sebuah kos-kosan yang diketahui milik Herman, salah seorang anggota Polisi Lalu Lintas Polres Ternate.

Salah seorang penghuni kos-kosan, Firman, mengutip halmaherapost.com, menjelaskan saat itu dirinya sedang berbaring di kamar. Tiba-tiba ia mencium bau hangus.

Baca Juga  Raja Kembali ke Thailand untuk Berpesta Setelah Isolasi dengan 20 Selir

Namun ia menduga sepupunya sedang memasak di dapur. “Tapi saya punya perasaan tara (tidak) sedap,” katanya.

Firman pun bangkit dari kasur dan bergegas ke dapur. Dugaannya salah. Saat itu ia melihat api menjalar di plafon dapur. “Saya langsung kasi bangun sepupu,” katanya.

Api pun merembet dengan cepat. Karena kos-kosan yang berjumlah 6 kamar itu, terbuat dari triplek. “Saat itu angin juga bertiup cukup kencang,” akunya.

Liukan api ke berbagai arah pun merembet ke 2 rumah di sisi kanan dan 1 rumah pada sisi kiri. Kondisi rumah pun tak utuh lagi. “Barang-barang semua tara (tidak) sempat diselamatkan,” ucap Firman.

Fadli, salah satu warga Kasturian mengatakan, tiga rumah yang berada di dekat kos-kosan itu milik Fatmawati Dano Arahman, Tri Indarwati dan Mukhlis Ahmad.

Baca Juga  Lanud Pattimura Ajak Masyarakat Dekat Dengan TNI AU Lewat Pattimura Open Base

“Ada tiga rumah dan satu kos-kosan yang terbakar,” tuturnya.

Hingga berita ini ditayangkan, tim pemadam kebakaran masih melakukan upaya pemadaman dibantu aparat kepolisian Polsek Ternate Utara.

Sementara, armada pemadam baru tiba di lokasi kejadian sekira 30 menit. Kepala Bidang Operasional Dinas Pemadam Kebakaran Kota Ternate, Naim Safar mengaku mengarahkan 6 unit armada ke lokasi. “Api berhasil kami kuasai sekitar 25 menit,” tukas Naim.

(red/hp/tsc)