Kepala BPS Sebut Jumlah Pengangguran di Kota Ternate Menurun

oleh -44 views
Link Banner

Porostimur.com – Ternate: Badan Pusat Stastik (BPS) mencatat angka pengangguran di Kota Ternate, Maluku Utara di Tahun 2020 menurun pada posisi 5,80 persen, bila dibandingkan dengan angka pengguran Tahun 2019 yang berada pada posisi 6,06 persen.

Hal ini disampaikan, Kepala BPS Kota Ternate, Muhammad Rismat, Rabu (3/11/2021) di ruang kerjanya siang tadi.

Muhammad Rismat mengatakan, angka pengangguran di total di Kota Ternate pada akhir Desember 2020, mencapai 2391 orang atau 5,80 persen sedangkan jumlah yang bekerja 102.906 orang.

“Rata-rata pengangguran tamatan SMA/SMK dan kalau untuk Tahun 2021 masih dalam proses pendataan sehingga belum bisa disebutkan secara detail atau diprediksikan”, katanya.

“Sebenarnya kami sudah mulai melihat di Tahun 2021 banyak tamatan SMA/SMK sudah banyak yang kerja dengan terbukanya perusahaan tambang nikel, alfamidi dan indomaret, sehingga dapat menyerap tenaga kerja,” imbuhnya.

Baca Juga  Pembagian Grup Lida Top 24, Gunawan Masuk Grup 1

Dia juga mengatakan bahwa masyarakat Kota Ternate menerima dampak karena pengangguran mulai berkurang dengan adanya perusahaan dan sejumlah ritel.

“Penurunan angka  pengangguran tersebut dipengaruhi dengan adanya indomaret dan alfamidi yang memperkerjakan masayarakat lokal. Kemudian banyak warga masayarakat juga keluar mencari kerja perusahaan tambang yang ada di Maluku Utara,” tutupnya. (red)