Komisi I DPRD Maluku dan Pansel Gelar Rapat Terkait Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Anggota KPID

oleh -58 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Komisi I DPRD Provinsi Maluku, Kamis (27/5/2021) bersama Panitia Seleksi (Pansel) melaksanakan rapat kerja terkait uji kelayakan dan kepatutan calon anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Maluku periode 2021-2024. Rapat tersebut digelar di Ruang Rapat Paripurna DPRD Maluku.

Usai rapat, Ketua Komisi I DPRD Provinsi Maluku, Amir Rumra mengatakan, terdapat 14 calon anggota KPID yang melakukan uji kelayakan dan kepatutan dan dari 14 orang tersebut akan dipilih 7 orang untuk menjadi anggota KPID Maluku.

“Jadi memang hari ini rapat kerja dalam rangka melakukan uji kelayakan dan kepatutan calon komisioner KPID. Tadi disampaikan oleh pansel totalnya berjumlah 10 orang dan ditambah dengan yang lama adalah empat orang, sesuai dengan ketentuan yang berlaku”, ujar Rumra.

Dirinya menjelaskan, untuk kegiatan tersebut, pihaknya diberikan waktu selama 2 hari, dimana masing-masing calon akan diuji selama 35 menit.

“Jadi semua anggota komisi dan pimpinan komisi diberikan waktu 35 menit, itu tergantung bagaimana masing-masing komperisasi terkait dengan pertanyaan maupun saran”, tukasnya.

Baca Juga  Polda Maluku Gelar Taklimat Akhir Wasrik Tahap II T.A. 2020

Terkait dengan penilaian, Rumra menuturkan panitia akan menilai dari persoalan makalah yang dimuat oleh calon anggota KPID serta tanya jawab yang dilakukan dalam uji kelayakan dan kepatutan tersebut.

Ia melanjutkan, semua penilaian tersebut akan digabungkan sehingga akhirnya akan menetapkan tujuh orang dari keempat belas orang tersebut sebagai anggota KPID Maluku periode 2021-2024.

Rumra juga menambahkan, kegiatan ini akan disiarkan secara langsung di Diskominfo Maluku Channel – YouTube sebagai bukti transparansi DPRD dalam melakukan hal ini sehingga semuanya transparan dan objektif dalam memberikan penilaian.

Politisi dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini juga menambahkan, bahwa uji kelayakan dan kepatutan ini akan selesai pada esok hari, Jumat (28/5/2021) dan langsung akan diumumkan hasilnya saat itu juga.

“Target kita adalah mudah-mudahan dari awal Juni ini sudah ada komisioner baru periode 2021-2024, karena masa akhir jabatan yang perpanjangan ini adalah 31 Mei 2021. Ketika ini selesai, kita serahkan pengantar dari DPRD ke Gubernur dan berharap Gubernur dalam waktu dekat sudah menandatangani surat keputusannya untuk mungkin segera bisa melakukan lanjutan kerja mereka masing-masing terkait dengan 7 orang komisioner baru periode 2021-2024”, tutupnya.

Baca Juga  Jelang Ramadhan Polres Malteng dan Jajaran Gelar Baksos Pembersihan Masjid

yang memang kita harapkan hari ini karena total tadi disampaikan oleh pansel itu adalah 10 orang dan ditambah dengan yang lama adalah empat sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Oleh karena itu memang kita diberikan waktu 2 hari.

oleh karena itu kita masing-masing orang itu diberikan waktu adalah 35 menit jadi semua 10 orang anggota anggota Komisi pimpinan, anggota komisi waktunya 35 menit itu tergantung Bagaimana masing-masing komperisasi terkait dengan pertanyaan maupun saran terkait dengan itu dan sudah kita ada berikan ada penilaian terkait dengan persoalan makalah yang mereka muat dan kurang lebih angka-angka yang saya sampaikan begitu juga adalah tanya jawab nanti ada masing-masing penilaian. Jadi nanti semua penilaian masing-masing 10 orang itu kita skorkan nilainya.

Baca Juga  Kanwil Kemenag Malut Semprot Disinfektan Pada 11 Gereja di Oba Utara

Jadi dari 14 itu akan kita dapatkan 7 dan akan disiarkan langsung di Infokom channel sehingga masyarakat juga bisa mengikuti di youtube sehingga semuanya transparan dan objektif dalam memberikan penilaian.

Finalnya rencana besok hari Jumat selesai, maka saat itu juga akan diumumkan. target kita adalah mudah-mudahan dari awal Juni ini sudah ada komisioner baru periode 2021-2024 karena masa akhir jabatan yang perpanjangan ini adalah 31 Mei 2021. Ketika ini selesai, kita serahkan dari pengantar dari DPRD ke Gubernur dan Gubernur dalam waktu dekat sudah menandatangani surat keputusannya untuk mungkin segera bisa melakukan lanjutan kerja mereka masing-masing terkait dengan 7 orang komisioner baru periode 2021-2024. (alena)

No More Posts Available.

No more pages to load.