Kunjungan Bersama Satgas Covid-19 Malut, Kasrem Puji Penerapan Prokes di Taliabu

oleh -56 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Kasrem 152/Babullah Kolonel Inf Wawan Subarjo bersama Satgas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Maluku Utara melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Pulau Taliabu.

Kasrem beserta rombongan antara lain Asisten I Gubernur Malut Idham Umasangaji, Karoops Polda Malut Kombes Pol Juwari, Kalak BPBD Prov. Malut, Perwakilan Kajati Malut, Perwakilan Kabinda Malut dan Kabid Kesehatan Prov. Malut beserta rombongan dari Korem 152/Babullah, BPBD Malut dan sejumlah awak media.

Menumpang KN. SAR Pandudewanata, rombongan bertolak dari Pelabuhan Ternate menuju Pelabuhan Bobong di Taliabu.

Setiba di pelabuhan Bobong rombongan terlebih dahulu melaksanakan protokol kesehatan dengan mencuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh serta pemeriksaan hasil Rapid Test Antigen oleh petugas yang telah siap di pelabuhan, selanjutnya disambut oleh Asisten I Bupati Kep. Taliabu Drs. Ahmad Salawane, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Kep. Taliabu Kuraisiya Marsaoly, S.Ag, Para Pimpinan SKPD Kep. Sula.

Kegiatan diawali dengan peninjauan Vaksinasi yang dilaksanakan di RSUD Taliabu dan Puskesmas Bobong yang saat ini menyasar TNI, Polri, ASN dan Lansia, dalam kesempatan tersebut Asisten I Bupati menyampaikan bahwa keterbatasan jumlah vaksin yang saat ini menjadi kendala, disamping itu antusiasme masyarakat untuk menerima vaksin sangat tinggi namun dengan segala keterbatasan yang ada kami belum dapat akomodir dan persoalan tersebut sudah disampaikan kepada Dinas Kesehatan Provinsi.

Baca Juga  Ustaz Abdul Somad Akan Isi Tausiah Nasional HUT JMSI dan HPN 2021

Kegiatan selanjutnya dilaksanakan pemantauan kepatuhan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan terutama penggunaan masker, terpantau tingkat penggunaan masker oleh masyarakat di beberapa fasilitas publik seperti pasar, perbankan dan lokasi pusat perbelanjaan terbilang sangat baik, terpantau hanya satu atau dua yang tidak menggunakan masker dari sekian ratus masyarakat yang ada di lokasi tersebut, dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan pembagian masker.

Kegiatan kunjungan kerja di Taliabu ditutup dengan laporan dan paparan Asisten I Kab. Pulau Taliabu yang menyampaikan bahwa hingga saat ini Kabupaten Pulau Taliabu masih berstatus Zona Hijau hal tersebut menjadi indikator keseriusan pemerintah yang bersinergi bersama seluruh komponen dan masyarakat dalam menerapkan prokes.

Hal tersebut diawali dengan adanya laporan awal Pasien 01 terkonfirmasi Covid berasal dari Taliabu namun yang bersangkutan terpapar di Pulau Jawa dan belum sempat kembali ke Taliabu, bercermin dari hal tersebut Pemda dan seluruh masyarakat berkomitmen bersama-sama menjaga daerah ini dari paparan penyebaran Covid-19, terutama penerapan protkes secara ketat di seluruh pintu masuk serta mempersyaratkan rapid test yang terkonfirmasi negatif apabila ingin masuk ke wilayah Taliabu.

Baca Juga  Konsumsi miras, pacar sendiri dihajar babak belur

Selain itu juga, kedisiplinan penggunaan masker maupun protkes lain menjadi kunci sukses keberhasilan Taliabu mempertahankan status zona hijau hingga saat ini.

Sementara itu ditempat terpisah Kasrem menyampaikan bahwa pihaknya mengapresiasi atas keseriusan pemerintah dan kedisiplinan masyarakat dalam memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Hal ini harus menjadi contoh bagi Kabupaten/Kota lain di Maluku Utara khususnya guna menerapkan hal yang sama dalam rangka mengakhiri penyebaran Covid-19 di tengah upaya Vaksinasi Massal yang saat ini mulai dilaksanakan secara bertahap. (adhy/sarjan)

No More Posts Available.

No more pages to load.