Louis van Gaal Kembali Tangani Timnas Belanda

oleh -89 views
Link Banner

Porostimur.com | Amsterdam: Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) dan Louis van Gaal telah mencapai kata sepakat untuk kembali menukangi timnas Oranye. Menyusul kegagalan di EURO 2020, timnas Belanda kembali berpaling ke sosok pelatih berpengalaman itu untuk memimpin mereka di Piala Dunia 2022.

Menurut laporan surat kabar asal Belanda De Telegraaf, Jumat (23/7/2021), KNVB dan Van Gaal baru saja mencapai kata sepakat yang membuat Van Gaal melatih timnas Belanda untuk ketiga kalinya. 

Setelah pensiun selama satu tahun di Portugal, dia memutuskan untuk kembali melatih.

Penunjukkan Van Gaal terjadi pascapengunduran diri Frank de Boer bulan lalu, setelah Belanda tersingkir di babak 16 besar Piala Eropa oleh Republik Ceko. Sejak saat itu, KNVB telah mencari pelatih timnas menjelang laga internasional melawan Norwegia, 1 September mendatang.

Sempat tampil menjanjikan, Oranje tiba-tiba ditinggal Ronald Koeman yang pindah ke Barcelona. Timnas Belanda lantas dipegang Frank de Boer di Euro 2020.

Baca Juga  Ledakan di Depan Gereja Katedral Makassar, Motor Terbakar di Pintu Masuk

Sejak awal, Frank de Boer sudah banyak diragukan bakal bisa membawa Belanda melangkah jauh di Euro 2020 mengingat reputasinya yang sering dipecat klub akhir-akhir ini.

Benar saja, sempat oke di fase grup dengan menang tiga kali, Belanda kolaps di Euro 2020. Memphis Depay dkk. kalah 0-2 dari Republik Ceska dan sudah tersingkir di babak 16 besar.

Dua hari setelah kekalahan itu, Frank de Boer mundur dari posisinya sebagai pelatih timnas Belanda.

Sekarang KNVB (Federasi Sepak Bola Belanda) sudah menunjuk nama baru untuk menangani Oranje di Piala Dunia 2022. Figur itu adalah orang lama yang sudah pernah melatih Belanda dalam dua periode sebelumnya.

Baca Juga  Achmad Purnomo Positif Covid-19, Jokowi Jalani Tes Swab

Orang tersebut adalah Louis van Gaal, pelatih yang pernah menangani Belanda pada selang 2000-2001 dan 2012-2014. Pada periode pertama, Louis van Gaal gagal membawa Belanda lolos ke Piala Dunia 2002.

Tetapi pada periode kedua, eks pelatih Ajax Amsterdam berusia 69 tahun ini cukup sukses dengan membawa Belanda menjadi peringkat 3 di Piala Dunia 2014.

Sejauh ini belum ada pengumuman resmi Louis van Gaal menjadi pelatih Belanda. Tetapi, hal itu hanya menunggu waktu dengan media Belanda, Telegraaf, menyatakan kesepakatan sudah tercapai untuk kontrak selama 18 bulan saja. Van Gaal dikontrak singkat saja, karena sebetulnya dia sudah menyatakan pensiun pada 2019.

Setelah Piala Dunia 2022, Van Gaal tampaknya akan digantikan oleh Henk Fraser, yang sekarang menjadi pelatih Sparta Rotterdam sekaligus asisten pelatih di timnas Belanda.

Baca Juga  Pemkab Malra Gelar Tes SKD CASN Tahun 2021, Rahayaan Jamin Prosesnya Transparan

Di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Belanda bersaing bersama Turki, Montengero, Norwegia, Latvia, dan Gibraltar di Grup G zona Eropa.

Saat ini Oranje menempati posisi ke-2 Grup G di bawah Turki, dengan hanya juara grup yang akan lolos langsung ke Qatar. Runner-up grup hanya akan mendapatkan tiket ke babak play-off.

(red/kbrn)

No More Posts Available.

No more pages to load.