Menguak Alasan Kenapa Janda Dapat Bertahan Hidup Lebih Lama ketimbang Duda

oleh -112 views

Porostimur.com, Ambon – Hubungam pernikahan akan berakhir dengan perpisahan baik karena perceraian atau kematian. Wanita jadi janda, pria jadi duda. Namun, umumnya janda lebih bisa hidup lebih lama ketimbang duda. Kenapa?

Melansir dari New York Times, Minggu (25/12/2022), sebuah penelitian dari Universitas Johns Hopkins menjabarkan jika seorang pria yang ditinggalkan oleh pasangannya karena kematian lebih mungkin untuk meninggal beberapa tahun setelahnya.

Penelitian tersebut berdasarkan survei yang dilakukan 12 tahun lalu dengan subjek lebih dari 4.000 janda berusia 18 tahun ke atas.

Moyes Szklo, seorang ilmuwan di Johns Hopkins School of Hygiene and Public Health mengatakan jika faktor psikologis diyakini sebagai tekanan yang berkontribusi lebih pada kematian para duda.

Baca Juga  5 Rekomendasi Jam Tangan Perempuan dengan Desain Klasik

”Dugaan saya adalah kehilangan pasangan memengaruhi kualitas hidup pria dalam banyak hal. Bahkan jika dia bergabung dengan klub atau aktivitas sosial lainnya, selalu ada sesuatu akan hilang (seseorang yang memperhatikannya, pergi bersamanya).” kata Moyez Szklo.

Para peneliti juga berspekulasi jika seorang janda memiliki karakteristik kepribadian yang berbeda dengan duda, sehingga mereka lebih mampu untuk pulih dari rasa kehilangan.

No More Posts Available.

No more pages to load.