Profil Ariel NOAH, Manis Getir Perjalanan Hidupnya

oleh -51 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Ariel NOAH mungkin sudah tak asing lagi bagi publik. Pemilik nama asli Nazril Irham ini merupakan vokalis dari grup band NOAH.

Pria kelahiran 16 Setember ini merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara, dari pasangan Nazmul Irphan dan Darlina Darwis. Berikut ini profil dan fakta tentang Ariel NOAH.

Vokalis Band

Ariel adalah sebutan populer bagi Nazril Irham yang merupakan vokalis grup band NOAH. Dulunya ia lebih dikenal sebagai Ariel Peterpan.

Ariel menggawangi Peterpan bersama bersama lima rekan lainnya, yaitu Andika Naliputra Wirahardja (Andika), Mohammad Kautsar Hikmat (Uki), Ilsyah Ryan Reza (Reza), Loekman Hakim, dan Indra.

Link Banner

Peterpan dulu sempat ditasbihkan sebagai salah satu grup band paling berpengaruh di Indonesia. Semua album yang dikeluarkan grup ini menembus penjualan platinum dan meraih hati para pecinta musik Indonesia.

Beberapa lagu mereka yang menjadi hits di Tanah Air, di antaranya Bintang di Surga (2004), Original Soudtrack Alexandria (2005), Hari yang Cerah (2007), dan beberapa lainnya.

Baca Juga  Imbas Corona, KPU Tunda 3 Tahapan Pilkada 2020

Kini, Peterpan sudah bubar karena keluarnya dua personel mereka, Andika dan Uki. Pada 2012, Peterpan berubah nama menjadi NOAH. Meski berat melepaskan nama Peterpan yang telah membesarkan namanya, Ariel mengaku rela dan tengah mencari nama yang pas.

Model Iklan

Selain karier di musik, Ariel NOAH dipercaya menjadi model iklan. Ia pernah menjadi model iklan sampo bersama model Amy Lee. Ariel juga pernah menjadi ikon sepeda motor Yamaha.

Aktor

Ariel juga merambah ke dunia akting di penghujung 2009. Ia mencicipi peran dalam dunia panggung layar lebar.

Dengan menggunakan nama aslinya, Nazril Ilham memerankan Arai dewasa di film Sang Pemimpi (2009). Dalam film debutnya itu, Ariel memerankan sosok Arai yang selalu bersemangat mengejar impian sejak kecil.

Ariel juga bermain dalam sekuel film Laskar Pelangi. Dirinya tampil bersama para aktris dan aktor kawakan tanah air seperti Mathias Muchus, Rieke Dyah Pitaloka, Lukman Sardi dan penyanyi Nugie.

Baca Juga  Gara-gara Narkoba Tiga Warga Sula & Taliabu Terancam 12 Tahun Penjara

Penghargaan

Ariel NOAH telah menerima berbagai penghargaan dan nominasi sebagai anggota NOAH. Di antaranya penghargaan Anugerah Musik Indonesia untuk Album Terbaik untuk album Bintang di Surga dan untuk Karya Produksi Terbaik untuk lagu Bintang di Surga dan Separuh Aku.

Pada Desember 2010, Rolling Stone Indonesia menilai Ariel sebagai penyanyi Indonesia terbaik ke-43 di daftar 50 Penyanyi Indonesia Terbaik mereka. Dan di Februari 2014, Rolling Stone Indonesia kembali menempatkan Ariel di posisi ke-28 di daftar 100 Pencipta Lagu Indonesia Terbaik.

Kehidupan Pribadi

Ariel pernah menikah dengan Sarah Amalia. Dari pernikahan tersebut mereka dikaruniai seorang anak perempuan, Alleia Anata.

Banyak kontroversi yang terjadi selama pernikahannya dengan Sarah Amalia. Mereka yang memang tak akur satu sama lain pun memilih bercerai pada 27 Mei 2008.

Setelah menjadi duda, hubungan Ariel dengan Luna Maya kembali intens, tetapi keduanya menampik mereka sebagai sepasang kekasih. Namun akhirnya di 2009, Ariel dan Luna Maya pun akhirnya mengakui hubungan mereka.

Baca Juga  Polres Kepulauan Sula Lakukan Penyemprotan Serentak Cairan Disinfektan

Hubungannya dengan Luna Maya tak bertahan lama dan berakhir kandas. Setelah dengan Luna Maya, Ariel juga sempat digosipkan menjalin hubungan dengan penyanyi Aura Kasih namun dibantah keduanya.

Dipenjara Karena Kasus Video Porno

Pada Juni 2010, muncul sebuah kontroversi yang menghebohkan dunia hiburan Indonesia yang melibatkan Ariel NOAH. Ariel menuai kontroversi setelah beredarnya video mesum dirinya dan Luna Maya.

Beberapa hari kemudian, masyarakat kembali dihebohkan dengan munculnya video mesum mirip Ariel dan kali ini pemeran wanitanya Cut Tari.

Sidang Pengadilan Negeri Bandung, Jawa Barat akhirnya menjatuhkan hukuman penjara terhadap Ariel selama 3 tahun 6 bulan dan denda 250 juta rupiah.

Pada 23 Juli 2012, setelah dua tahun di penjara, Ariel dibebaskan dengan status bebas bersyarat karena berperilaku baik selama di penjara.

(red/dtc)