Profil Keir Starmer, Perdana Menteri Baru Inggris Fans Berat Arsenal

oleh -22 views

Porostimur.com, London – Media Inggris menyebut Keir Starmer bukanlah sosok politisi yang berapi-api. Ia dinilai sedikit membosankan, suka mengatur, tetapi sangat berbakti.

Starmer, pemimpin Partai Buruh yang berusia 61 tahun, bakal menjadi perdana menteri baru Inggris, setelah hasil pemilu Kamis (4/7/2024), menyatakan partainya meraih suara mayoritas di parlemen.

Dalam kampanyenya menjelang Pemilu Inggris, Starmer menyatakan Partai Buruh akan membawa perubahan yang menenangkan, bukan menakutkan. “Memilih Partai Buruh adalah memilih stabilitas ekonomi dan politik,” kata Starmer.

Starmer adalah seorang pengacara yang menjabat sebagai kepala jaksa penuntut untuk Inggris dan Wales antara tahun 2008 dan 2013. Ia sempat diolok-olok oleh lawan politiknya  sebagai pengacara London yang berhaluan kiri.

Baca Juga  Alasan RI Terbelah Dua Akhirnya Terungkap oleh Ahli Australia

Ia mendapat gelar bangsawan atas perannya memimpin Crown Prosecution Service, dan lawan politiknya dari Partai Konservatif suka menggunakan gelarnya Sir Keir Starmer, untuk menggambarkannya sebagai orang elite yang tidak peka.

Starmer seperti juga warga Inggris umumnya, adalah pencinta olahraga sepak bola. Ia merupakan pengagum klub London Arsenal, dan senang menonton pertandingan klub kesayangannya di Liga Premier Inggris di pub sambil minum bir.