Rekomendasi Enam Drama Korea Kolosal Terbaik: Dari Dae Jang Geum Hingga The King in Love

oleh -95 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Siapa yang tidak suka dengan drama Korea? Biasanya para penonton yang menyukai drakor juga menyukai drakor kolosal bertema masa Kerajaan Korea.

Seperti diketahui, sebelum menjadi Republik, Korea Selatan adalah sebuah negara yang dipimpin oleh raja.

Tidak heran, ada cukup banyak drakor yang mengisahkan tentang situasi saat Korea masih menjadi kerajaan. Berikut drakor kolosal terbaik yang bisa Anda saksikan:

1. Dae Jang Geum

Dae Jang Geum
Dae Jang Geum (YouTube)

Drama legendaris ini ditayangkan pada 15 September 2003 dan berakhir pada 23 Maret 2004. Dae Jang Geum juga sempat tayang di Indoesiar dengan jumlah 72 episode dari 54 episode.

Drama ini bercerita tentang sekitar 500 tahun lalu pada masa Dinasti Chosun. Pada saat itu Korea membuat struktur sosial yang didominasi hirarkis dan laki-laki.’

Kisah ini menceritakan tokoh sejarah Korea yang tertulis di ‘Catatan Sejarah Dinasti Joseon’. Jang Geum (dieperankan Lee Young Ae) yang merupakan seorang dokter kerajaan perempuan pertama dari Dinasti Joseon di Korea.

Ayah dan Ibu Seo Jang Geum dulunya sempat bekerja diistana dimana saat itu masa pemerintahan Raja Seongjong, Raja Yeonsan Gun (1494-1506) dan Raja Jungjong (1506-1544).

Saat itu Ibu dari Yeonsan Gun masih muda yang diracuni oleh sekelompok pengawal Istana.

Seo Cheon Su, ayah Seo Jang Geum, menjadi bagian dari kelompok tersebut.

Saat ia perjalanan pulang, ia sempat mengalami kecelakaan dan kemudian diselamatkan oleh seorang pertapa Taois yang mengatakan bahawa hidupnya akan dilengkapi dengan tiga orang perempuan.

Ketiga perempuan itu adalah ibu Yeongsangun, Ibu Jang Geum dan Jang Geum.

Akhirnya Seo Cheon Su pun mengalami trauma dan ia mengundurkan diri. Hingga pada akhirnya Cheon Su bertemu dengan Dayang Istana Choi.

Keduannya berhasil pergi menyelamatkan diri dari hiru pikuk istana.

Sekitar tahu 1504, Yeonsanggun memerintahkan penyelidikan tentang kematian ibunya hingga akhirnya mereka dapat menemukan Seo dan keluarganya.

Seo pun akhirnya ditangkap dan dihukum mati, sementara Jang Geum dan ibunya berhasil melarikan diri.

Di sisi lain, ibu Jang Geum ternyata sudah terluka parah oleh para musuh.

Baca Juga  Ujian Nasional di SMPN 17 Ambon Berbasis Komputer

Sebelum sang Ibu meninggal, ia menyampaikan pesan terakhirnya agar Jang Geum manjadi juru masak kepala di dapur kerajaan dan mencatat semua rahasia kaum perempuan di dapur dengan tujuan membalaskan kesalahan yang dilakukan kepada ibu Jang Geum.

2. The Great Queen Seondeok

The Great Queen Seondeok
The Great Queen Seondeok (daumcdn)

Putri Deokman terlahir memiliki saudara kembar yaitu Putri Cheonmyeong. Putri Deokman atau (Queen Seondeok) sempat terbuang saat masih kecil.

Semasa kecilnya ia hidup di Gurun Taklamakan. Hingga suatu hari ia harus kembali ke istana dan menyamar jadi seroang anak laki-laki. Ia pun dilatih sebagai seorang Nangdo.

Saat itulah ia bergabung bersama saudara kembarnya. Tak hanya itu ia juga harus melawan seorang komandan Kim Yu Shin untuk menentang Nyonya Mishil yang merupakan seorang selir dan pejabat tinggi kerajaan.

Nyonya Mishil mempunyai keinginan yang licik yaitu merebut tahta kerajaan. Ia berusaha menghalalkan segala cara untuk menyingkirkan kedua putri kembar Silla.

Tak seperti drama kebanyakan dengan pemeran utama selamat. Putri Cheonmyeong akhirnya harus meregangkan nyawa di tangan Nyonya Mishil.

Tentu hal itu membuat Doekman dan Yushin harus bertemu dengan Bidam dan meminta bantuannya untuk memulihkan statusnya.

Kim Alcheon dan para Hwarang pun akhirnya berpihak pada Doekman. Akan tetapi, mengalahkan Nyonya Mishil tak semudah yang dibayangkan. Keberhasilan Deokman setelah kudeta kedua Mishi hingga akhirnya menjadikan Deokman raja perempuan pertama di Kerajaan Silla sebagai Ratu Seondeok.

3. Rookie Historian Goo Hae Ryung

Rookie Historian
Rookie Historian (imbc.com)

Drama ini mengisahkan tentang seorang sejarahwan perempuan yang tidak biasa di masanya. Serial drama tersebut menangkat tema isu gender yang pada saat itu seorang perempuan yang memiliki profesi justru direndahkan.

Cerita ini berlatar belakang pada abad 19. Pada era tersebut, seorang perempuan perlu perjuangan berkali lipat untuk mendapatkan posisi tinggi yang didominasi oleh laki-laki.

Goo Hae Ryung (Shin Se Kyung) tidak hanya seorang perempuan muda, namun ia juga sejarawan yang mempunyai mimpi besar untuk negaranya pada zaman itu.

Karena Hae Ryung adalah seorang perempuan muda, maka ia kerap kali menerima cemoohan dari laki-laki. Di zaman itu, perempuan tak harus menjadi pintar apalagi menduduki posisi tinggi.

Baca Juga  Beri Maklumat, MUI Ancam Penguasa!

Ia pun juga terlibat dengan Pangeran Lee Rim (Cha Eun Woo) yang tentunya tidak bisa dianggap remeh.

4. Queen for Seven Days

Queen for Seven Days
Queen for Seven Days (onehallyu.com)

Drama ini terinspirasi dari Lady Shin yang menikah dengan pangeran Jinsung pada tahun 1499. Sekitar tahun 1506, sang pangeran diangkat menjadi raja, namun dihari ke-7, Raja dan Ratu pun dimakzulkan.

Dalam drama ini, Raja Jungjong (Yeon Woo Jin) dan istrinya Ratu Dangyeong (Park Min Young) yang telah diangkat sebagai Pemimpin kerajaan dan kemudian di gulingkan dalam waktu tujuh hari.

5. The King in Love

The King in Love
The King in Love (imbc)

Drama ini menceritakan tentang hubungan persahabatan dan cinta yang harus diperjuangkan.

Putra mahkota Wang Won (Im Si Wan) dan putra bangsawan Wang Rin (Hoong Jong Hyun) berlomba-lomba mendapatkan gadis cantik keturunan pengusaha kaya raya bernama Eun San (Im Yoona).

Dibaut cinta segitiga yang semakin kuat, membuat persahabatan Won dan Rin yang dibangun sejak kecil berada di posisi dilematik.

Meski Won adalah putra mahkota, namun ia memiliki kepribadian yang lemah. Sementara, Rin ditugaskan untuk melindungi Won.

Pertemuan Won, Rin dan Eun San dimulai dari kejadian yang menyisakan trauma. Dimana saat itu ibu Eun San tewas terbunuh komplotan jahat dan misterius.

Belakangan diketahui komplotan tersebut didalangi oleh Wang Jeon (Yoon Jong Hoon) kakak kandung Rin.

Perjalanan hidup, merubah sikap Won dan membuat dirinya melakukan apupun demi tujuan hidupnya. Won berusaha untuk mendapatkan perempuan yang ia cintai, bahkan ia berani mengancam prajuritnya yang akan menangkap Eun San.

6. The Scholar Who Walks the Night

The Scholar Who Walks the Night
The Scholar Who Walks the Night (daumcdn)

Bertempat di dinasti Joseon, Jo Yang Sun (Lee Yu Bi) adalah putri seorang bangsawan yang keluarganya kehilangan segalanya ketika ayahnya dijebak karena pengkhianatan.

Untuk memenuhi kebutuhan hidup, Yang Sun mulai berdandan sebagai penjual buku pria dan bertemu dengan sarjana tampan dan misterius Kim Sung Yeol (Lee Joon Gi) yang bekerja di Hongmungwan.

Baca Juga  Periksa 15 Pengusaha, KPK Bidik Dua Kepala Daerah di Maluku

Kim Sung Yeol telah menghabiskan 120 tahun sebagai Wali Vampir yang bertanggung jawab untuk menyingkirkan vampir yang tidak mematuhi aturan.

Sebagai Wali Vampir, dia bisa pergi di bawah sinar matahari selama dia mengenakan jubah hitam khusus.

Sung Yeol terus dihantui oleh kematian lama dari cinta pertamanya, Lee Myung Hee (Kim So Eun).

Myung Hee sempat mengorbankan diri untuknya 120 tahun yang lalu.

Sung Yeol memutuskan untuk membayar Yang Sun dengan harga tinggi jika dia dapat menemukan memorandum sahabatnya, mendiang Pangeran Mahkota Jonghyun.

Memorandum itu berisi rahasia bagiamana cara membunuh Gwi (Lee Soo Hyuk) dan membalas dendam atas kematian saudaranya.

Setelah pertemuan kedua dengan Yang Sun, Sung Yeol mengetahui bahwa Yang Sun adalah seorang gadis.

Namun, ia memutuskan untuk menyimpannya sebagai rahasia untuk menghindari kecanggungan dengan Yang Sun.

Yang Sun berusaha keras untuk menemukan memorandum seperti yang dia janjikan karena dia juga membutuhkan uang untuk menyembuhkan kaki saudara perempuannya.

Dalam perjalanan untuk menemukan penjual buku tua dari Yuan, Yang Sun dan Sung Yeol bertemu Choi Hye Ryung (Myung Hee) doppelganger masa kini yang merupakan putri bangsawan yang hobi menyendiri.

Ayah Hye Ryung adalah Menteri Hak raja.

Ia memiliki otoritas tertinggi di istana raja dibandingkan menteri lainnya.

Dia juga telah setia melayani Gwi untuk waktu yang lama.

Untuk membuktikan kesetiaannya, dia bahkan mengorbankan Hye Ryung ketika dia berusia 10 tahun untuk menjadi mainan makanan Gwi.

Namun, karena kesetiaan dan perlakuan lembutnya terhadap Gwi, ia secara tidak sadar jatuh cinta dengan Hye Ryung dan diam-diam berencana untuk mengubahnya menjadi vampir, meskipun ia sudah memiliki kendali 100% dari istana.

Gwi tinggal di istana kerajaan bawah tanah dan menggunakan kekuatan dan intrik politiknya untuk mencegah Putra Mahkota Lee Yoon (Shim Chang Min) naik ke tahta.

Sebab dia tahu bahwa Putra Mahkota Lee Yoon diam-diam berencana untuk menyingkirkannya seperti miliknya almarhum leluhur, Putra Mahkota Jonghyun.

(red/rtm/Tribunjogja.com)