Rujak Natsepa Masuk 6 Nominasi Teratas API 2021, Kategori Makanan Tradisional

oleh -877 views
Link Banner

Porostimur.com – Ambon: Belum pergi ke Ambon jika belum mencicipi rujak Natsepa. Sekilas, rujak ini memang terlihat seperti rujak buah biasa. Namun setelah dicicipi, sambal yang dibuat khusus terasa begitu istimewa.

Seperti namanya, rujak Natsepa bisa ditemui di sepanjang Pantai Natsepa, Desa Suli, Ambon, Maluku. Tidak hanya rujak, biasanya kedai-kedai ini juga menjajakan es kelapa muda.

Salah satunya adalah kedai milik Mama Mery Ginzel. Mama Mery sendiri sebenarnya merupakan salah satu pioneer rujak Natsepa.

“Lupa tahun berapa. Pokoknya sudah bertahun-tahun. Dulu belum ada yang lainnya di sini,” ungkap Mama Mery sambil mengulek bumbu.

Meski bentuknya seperti sambal rujak, namun masyarakat sekitar menyebutnya bumbu. Agar berbeda dengan sambal rujak biasa yang cenderung diulek halus, bumbu rujak Natsepa justru masih menyisakan tekstur kacangnya.

Baca Juga  KM Hentri Terbakar di Perairan Tanimbar, 2 ABK Tewas, 25 Hilang

“Kita pakainya kacang lokal. Ini yang bikin beda, kacangnya dicuci dulu baeu digoreng biar gurih,” jelasnya.

Selain kacang, bumbu rujak ini juga menggunakan gula merah dari Makassar, Sulawesi Selatan. Namun, sebelum digunakan, gula merah tersebut dicairkan terlebih dahulu hingga menjadi adonan kental.

Gula merah dan kacang kemudian diulek dengan garam dan cabai sesuai selera. Setelah agak merata, baru diberi parutan buah pala agar ada rasa asam di bumbu. “Kalau kami tidak gunakan asam, tapi gantinya pakai buah pala. Ini diparut, lalu dicampur dengan bumbu,” ungkap Mama Mery.

Bumbu yang sudah siap, lalu dicampur dengan potongan berbagai buah yang berupa jambu, mangga mengkal, mentimun, nanas, belimbing, dan ubi jalar.

Baca Juga  Marasabessy Layak Masuk Kabinet Presiden Joko Widodo

Kini Rujak Natsepa berhasil masuk 6 nominasi teratas sementara Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2021, kategori Makanan Tradisional.

So bagi kamu warga Maluku khususnya warga Kota Ambon, jangan lupa vote dan bantu Rujak Natsepa meraih juara di API Award 2021 ya.

Pemungutan suara (voting period) masih berlangsung sampai dengan 31 Oktober 2021.

Bagi pembaca yang ingin mendukung Rujak Natsepa, dapat dilakukan melalui media sosial instagram @ayojalanjalanindonesia, Youtube Channel APIaward dan SMS Premium.

Untuk SMS Premium dapat dilakukan dengan cara mengirim SMS ke nomor 99386 (Rp. 2.200,- dan berlaku semua provider)

Untuk memilih Rujak Natsepa, ketik API 1I dan kirim ke 99386.

Baca Juga  DPRD Maluku Minta Pemda Berikan Rencana Resmi Kepulangan Tamtama dan Bintara

(keket)

No More Posts Available.

No more pages to load.