Sambut Pemilu, KPU Papua Barat gelar pagelaran seni budaya

oleh -43 views
Link Banner

@Porostimur.com | Manokwari : Pagelaran Seni Budaya, dihelat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat menyongsong penyelenggaraan Pemilihan Umum 2019 nanti, di Gedung Olahraga (GOR) Sanggeng Manokwari, Sabtu (21/4).

Dimana, pagelaran dimaksud bertujuan sebagai tahapan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat di Provinsi Papua Barat, sebagai pemilih yang cerdas.

Kegiatan pagelaran turut dimeriahkan oleh grup band lokal asal Manokwari.
Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua KPU Papua Barat Amos Atkana, Wakil Gubernur Papua Barat, Mohammad Lakotani, Sekretaris Daerah Nataniel Mandacan, dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Papua Barat.

Sebelum pagelaran dilakukan, KPU Papua Barat juga menggelar penandatanganan kerja sama dengan pemerintah daerah, serta para tokoh agama dan Forkopimda se-provinsi Papua Barat.

Link Banner

Dalam sambutannya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat, Amos Atkana, mengajak masyarakat untuk menjadi pemilih yang cerdas, dengan menjauhkan diri dari money politic (Politik Uang), dalam bentuk apa pun.

Baca Juga  Kapolda Maluku Gelar Tatap Muka Bersama Forkopimda dan Pemuka Agama di Masohi

Untuk itu, jelasnya, berbagai upaya terus dilakukan oleh pihak penyelenggara yakni KPU, seperti mengunjungi lingkungan pendidikan yang dinilainya rentan dengan aksi politik uang.

Sebagai pemilih pemula dan berpotensi menjadi korban politik uang, mahasiswa dan para siswa pun dihimbaunya untuk menjadi pemilih dan pengguna hak yang tidak mengorbankan hak pilihnya demi kepentingan perseorangan atau kelompok tertentu.

”Kemarin kami telah melakukan sosialisasi kepada pemilih pemula, dalam hal ini mahasiswa dan anak sekolah yang telah memiliki hak untuk memilih.

Sehingga diharapkan, mereka tidak korbankan hak bagi kepentingan sesaat. Dan kepada seluruh masyarakat di provinsi papua barat, untuk menolak dengan tegas politik berbau uang, karena akan merusak citra demokrasi di Indonesia, khususnya di Provinsi Papua Barat,” ujarnya.

Baca Juga  Pangdam XVI/Pattimura Kunjungi Kadaton Kesultanan Ternate

Kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Papua Barat, Mohammad Lakotani, memberikan apresiasi kepada pihak penyelenggara pemilu yakni KPU, yang terus melaksanakan tahapan pemilu dengan menggelar pagelaran seni budaya.

Untuk itu, tegasnya, masyarakat Papua Barat dihimbaunya untuk memastikan diri terdaftar sebagai pemilih.

Pasalnya, dalam penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 nanti, terangnya, dilaksanakan beberapa tahapan secara serentak, yakni pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR dari pusat hingga ke daerah dan DPD RI.
Untuk itu, pintanya, pihak penyelenggara mampu mengakomodir seluruh tahapan tersebut dengan baik dan sesuai prosedur yang berlaku.

”Saya berharap semua masyarakat terdaftar, maka masyarakat harus wajib miliki identitas yang valid (KTP). Karena pemilu 2019 nanti, secara serentak dan banyak surat suara yang harus dicoblos, mulai dari pusat sampai ke daerah.

Baca Juga  Garda Nuku Desak Pemerintah Indonesia Segera Selesaikan Konflik di Papua

Selain itu, kepada penyelnggara, ini merupakan tahapan yang panjang dan memiliki resiko tinggi, sehingga diharapkan untuk penyelenggara tetap berada di rel yang telah ditentukan, sesuai aturan yang berlaku,” pungkasnya. (jefri)