Sebaiknya Dihindari, Ini Bahaya Langsung Tidur Setelah Sahur

oleh -49 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Saat berpuasa, kamu harus bangun sebelum subuh untuk sahur. Tak jarang hal tersebut membuat siklus tidur terganggu sehingga beberapa orang mencoba tidur kembali setelah sahur. Namun ternyata hal tersebut sangat tidak disarankan, Ladies. Kebiasaan tidur setelah sahur harus diwaspadai karena bisa berdampak buruk bagi tubuh terutama sistem organ yang bertugas mencerna makanan.

Berikut gangguan kesehatan yang bisa saja kamu alami jika tidak memberikan jeda waktu setelah makan sahur dengan langsung tidur.

1. Refluks

Dampak tidur setelah sahur
Dampak tidur setelah sahur/Freepik.com

Refluks asam atau dalam istilah medis adalah Gastro-esophageal Reflux Disease (GERD) terjadi karena katup antara lambung dan kerongkongan tidak menutup sepenuhnya. Hai ini biasanya disebabkan oleh pengaruh gravitasi yaitu perubahan posisi menjadi telentang, Ladies.

Posisi telentang ataupun miring menyebabkan makanan yang belum sepenuhnya dicerna di lambung mudah naik ke kerongkongan. Apalagi ketika kamu usai mengonsumsi makanan berat, nantinya kamu akan bangun dengan perut kembung

Tidur setelah makan sahur dapat memicu GERD. Jika kebiasaan tersebut dibiarkan dalam jangka waktu lama, bisa memicu asam lambung. Panas di dada, tenggorokan, mual, bersendawa dan mulut pahit adalah gejala yang menunjukkan refluks. Hati-hati, Ladies, sebaiknya kamu menunggu setidaknya tiga jam jika ingin tidur atau rebahan setelah sahur.

Baca Juga  Warga Huamual Bersyukur, Kini Ada Jalan Lingkar Seram

2. Menurunkan Kualitas Tidur

Dampak tidur setelah sahur
Dampak tidur setelah sahur/Freepik.com

Kebiasaan langsung tidur setelah sahur, apalagi jika kamu mengonsumsi makanan berlemak, dapat menurunkan kualitas tidur. Saat kenyang, mungkin kamu akan terasa mengantuk, tetapi umumnya muncul pula perasaan gelisah sehingga membuat kamu mudah terbangun saat tidur.

Makanan tinggi lemak seperti goreng-gorengan atau olahan daging (processed food) butuh waktu yang lebih lama untuk dicerna, sehingga beri jeda waktu agar makanan tercerna dengan baik dan kamu pun bisa tidur lebih nyenyak, Ladies.

3. Menaikkan Berat Badan

Dampak tidur setelah sahur
Dampak tidur setelah sahur/Freepik.com

Sudah jadi rahasia umum, kamu pun pasti tahu dampak dari kebiasaan langsung tidur setelah makan. Yups, tidur setelah makan bisa membuat berat badan melonjak naik. Tak heran, ketika Ramadan beberapa orang bukan bertambah kurus tapi sebaliknya.

Baca Juga  Cemari lingkungan CV Batu Prima dipolisikan organisasi Cipayung

Jika kamu juga mengalaminya di mana saat berpuasa, berat badan malah naik, hal tersebut karena tubuh mengonsumsi lebih banyak kalori ketimbang yang dibakar, Ladies.

Kurangnya aktivitas fisik saat berpuasa, apalagi langsung tidur setelah makan membuat tubuh menimbun lemak dan tidak diberi kesempatan untuk membakar kalori yang masuk. Terlebih jika seseorang punya riwayat keluarga dengan badan obesitas, kebiasaan tidur setelah makan sahur akan berkali-kali lipat berisiko menaikkan berat badan.

4. Sakit Tenggorokan

Dampak tidur setelah sahur
Dampak tidur setelah sahur/Freepik.com

Langsung tidur setelah sahur juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Sensasi panas tak cuma dirasakan di dada saja tetapi juga di daerah tenggorokan.

Hal tersebut disebabkan oleh efek lanjutan refluks asam atau GERD. Ketika tubuh berbaring dengan perut penuh, katup antara lambung dan kerongkongan tidak menutup sepenuhnya membuat asam lambung mudah naik ke tenggorokan dan menimbulkan sensasi terbakar pada tenggorokan. Jika kondisi tersebut dibiarkan, bisa terjadi peradangan, Ladies.

5. Asam lambung

Dampak tidur setelah sahur
Dampak tidur setelah sahur/Freepik.com

Setiap kali makan dan makanan melewati tenggorokan, tahapan selanjutnya adalah makanan masuk ke dalam esofagus yang berfungsi melumat serta mengantarkan makanan ke lambung. Ketika sampai di lambung, konsistensi makanan seharusnya sudah menjadi halus menyerupai cairan atau pasta.

Baca Juga  Kembali Sapa Penggemar, Musisi Legenda Indonesia Bakal Hadir dalam Konser Virtual 'Plataran All Star Legend The Gentlemen and Rumpies'

Ketika kamu langsung tidur setelah makan maka proses cerna tak sempurna, makanan yang masih kasar dalam lambung dapat mengiritasi dinding lambung dan memicu asam lambung.

Jadi, sebaiknya setelah makan sahur, usahakan untuk tidak tidur selama beberapa jam. Kamu bisa menggantinya dengan kegiatan lain karena menikmati dini hari membuat kamu lebih aktif, lebih produktif dan tidak mudah stres.

(red/beautynesia)

No More Posts Available.

No more pages to load.