Serangan Drone ke Moskwa Lukai 1 Orang, Bandara Sempat Ditutup

oleh -76 views

Porostimur.com, Moskwa – Pihak berwenang Rusia mengatakan, tiga pesawat tak berawak atau drone milik Ukraina telah menyerang Moskwa pada Minggu (30/7/2023) dini hari. Satu orang terluka dan satu dari empat bandara di ibu kota Rusia sempat ditutup.

Serangan drone itu adalah yang keempat kalinya di wilayah ibu kota bulan ini, dan yang ketiga minggu ini. Serangan ini memicu kekhawatiran tentang kerentanan Kota Moskwa terhadap serangan saat perang Rusia di Ukraina memasuki bulan ke-18.

Kementerian Pertahanan Rusia menyebut insiden itu sebagai “percobaan serangan teroris oleh rezim Kyiv” dan mengatakan, tiga drone menargetkan kota tersebut. Satu ditembak jatuh di sekitar wilayah Moskwa oleh sistem pertahanan udara dan dua lainnya menabrak bangunan di distrik bisnis di ibu kota.

Baca Juga  Wamen ATR: Kerjasama Pemerintah dan Pelaku Usaha Kelapa Sawit Tingkatkan Produktivitas dan Kesejahteraan Masyarakat

Foto-foto dari lokasi kecelakaan menunjukkan, gedung pencakar langit yang rusak di satu lantai. Wali Kota Moskwa Sergei Sobyanin mengatakan, serangan itu “merusak secara tidak signifikan” bagian luar dua bangunan di distrik kota. Seorang penjaga keamanan terluka, kantor berita negara Rusia Tass melaporkan.

Tidak ada penerbangan masuk atau keluar dari bandara Vnukovo di pinggiran selatan kota selama sekitar satu jam, menurut Tass, dan ruang udara di atas Moskwa dan daerah sekitarnya ditutup sementara untuk pesawat apa pun. Namun, pembatasan itu telah dicabut.