Viral di TikTok, Ini Pengertian ‘Pasangan yang Sekufu

oleh -16 views

Porostimur.com, Ambon – Saat mencari pasangan, setiap orang pasti tidak akan asal pilih. Maka dari itu, perlu adanya tahap PDKT untuk mengenal satu sama lain sebelum berlanjut ke jenjang yang lebih dalam. Proses perkenalan ini membuat satu sama lain mengetahui bagaimana watak untuk dipertimbangkan nantinya. 

Terkait dengan hal tersebut, akhir-akhir ini ramai diperbincangkan tentang pasangan yang sekufu, khususnya di TikTok. Apa sih sebenarnya pasangan yang sekufu itu? Apa manfaatnya memiliki pasangan yang sekufu? Penasaran? Simak penjelasannya berikut ini, ya!

Sekufu artinya sepadan atau sederajat

Viral di TikTok, Ini Pengertian tentang ‘Pasangan yang Sekufu’

Dalam bahasa Arab, sekufu disebut juga kafa’ah, yang secara etimologi berarti sama, sederajat, sepadan, atau sebanding. Berdasarkan istilah, sekufu memiliki arti sesuatu atau seseorang yang sepadan dengan sesuatu atau seseorang lainnya.

Baca Juga  Pj. Gubernur Hadiri Pengukuhan Kepala OJK Provinsi Maluku

Jika mengutip pendapat Sayyid Sabiq dalam bukunya yang berjudul Fiqih Sunnah (1986), sekufu atau kafa’ah adalah setaranya kedudukan antara laki-laki dan perempuan dalam tingkat sosial dan sederajat dalam akhlak dan kekayaannya.

Sementara pendapat lain dari Abdul Al-Rahman Al-Jazairi dalam kitabnya berjudul al-Fiqh al-Mazahib al-Arba’ah (1990) menjelaskan pengertian sekufu adalah keseimbangan pasangan calon pengantin dengan keadaan tertentu. 

No More Posts Available.

No more pages to load.