10 Tempat Wisata di Maluku Tenggara Paling Hits untuk Dikunjungi

oleh -89 views
Link Banner

Tertarik Liburan ke Maluku Tenggara? Inilah Daftar Tempat Wisata Populer di Maluku Tenggara. Objek Wisata Alam Terbaru, Terindah dan Paling Hits yang Patut Anda Kunjungi untuk Liburan yang Seru.

Aktivitas pekerjaan yang Anda lakukan setiap hari tentu akan menuntut fokus pikiran serta tenaga Anda. Jika dilakukan secara terus-menerus tentunya itu akan berpengaruh buruk pada kesehatan Anda seperti contohnya timbul rasa stres. Untuk mengatasi hal itu Anda perlu menyiasati dengan cara berlibur sesekali ke tempat yang dapat menyegarkan pikiran.

Berlibur merupakan kegiatan yang paling mujarab untuk membantu pikiran kita agar kembali fresh sehingga tidak monoton dan jenuh. Ada banyak sekali tempat wisata yang bisa Anda jadikan destinasi untuk berlibur. Tak perlu harus melancong ke luar negeri, cukup di negara sendiri Anda dapat menemukan banyak sekali tempat wisata.

Indonesia yang terdiri dari banyak pulau membuatnya kaya akan destinasi wisata. Seperti contohnya di Maluku Tenggara, Anda bisa menemukan banyak sekali tempat yang elok dan indah disana. Berikut rekomendasi tempat wisata hits di Maluku Tenggara yang bisa Anda kunjungi.

Link Banner

1. Pantai Ngursarnadan dan Ngurbloat

Pantai Ngursarnadan

Image Credit: Twitter.com @beranjakdotcom

Destinasi wisata yang pertama yaitu Pantai Ngursarnadan dan Ngurbloat. Bagi Anda yang belum tahu dalam bahasa kei, ngur memiliki arti pasir. Dua pantainya terletak saling berdekatan dan menghadap ke barat sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat untuk menikmati matahari tenggelam.

Disebut juga dengan pantai pasir panjang karena memang memiliki pantai yang panjangnya hampir mencapai 3 kilometer jauhnya. Laut di pantai ini dangkal dan landai, saat surut maka area yang dangkal tersebut akan tampak seperti padang pasir yang berkilauan. Tak perlu khawatir akan ombak, karena ombak-ombak besar jauh dari pantai.

Jika Anda berniat ke tempat ini Anda bisa menginap di bungalow yang telah disediakan dengan tarif berkisar Rp 500.000 untuk satu malamnya.

Lokasi: Ohoililir, Kec. Kei Kecil, Kab. Maluku Tenggara, Maluku.

2. Pantai Ngurtavur

Pantai Ngurtavur

Image Credit: Twitter.com @johanna

Tempat wisata selanjutnya yang bisa Anda temukan di Maluku Tenggara yaitu pantai ngurtavur. Pantai pulau bawah ini memiliki penampakan alam berupa dataran pasir yang memanjang, timbul serta membelah laut hingga sejauh 2,5 km. Jika Anda penasaran untuk melihat rumput laut secara langsung maka Anda bisa datang ke pantai ini.

Karena perairan yang dangkal memungkinkan Anda untuk melihat rumput laut yang tumbuh dibawah permukaan laut. Di tempat ini Anda juga akan melihat burung pelikan yang bermigrasi dari Australia. Burung-burung pelikan tersebut memang sengaja singgah di pantai ini. Pasir putih di pantai Ngurtavur juga tak kalah halus dengan pasir di pantai sebelumnya.

Baca Juga  Be Careful of What You Wish For

Lokasi: Kab. Maluku Tenggara, Maluku.

3. Gua Hawang

Gua Hawang

Image Credit: Facebook.com @ticktab

Jika Anda tidak begitu suka dengan pantai maka Anda bisa mengunjungi destinasi wisata selanjutnya yaitu gua hawang. Di gua ini terdapat cerukan yang membentuk sebuah kolam. Kolam tersebut terisi dengan air tawar yang berwarna biru jernih dan berkilau-kilau. Melihatnya akan membuat Anda seketika takjub akan keindahannya.

Di mulut goa hawang Anda akan melihat dua buah batu yang memiliki cerita unik mengenai asal usulnya. menurut legenda setempat dikatakan bahwa dua buah batu tersebut dulunya adalah seorang pemburu dan anjingnya yang kemudian dikutuk menjadi batu. Pemburu dan anjingnya tersebut tersesat di hutan ketika hendak berburu hewan.

Setelah lama berputar-putar dan tetap tidak bisa menemukan jalan pulang si pemburu tersebut mengumpat dan memaki dengan kata-kata yang kasar. Karena umpatan dan makian yang tidak pantas itulah maka pemburu tersebut dikutuk menjadi batu begitu juga dengan anjing yang menemani sang pemburu.

Lokasi: Kei Kecil, Letvuan, Kec. Hoat Sorbay, Kab. Maluku Tenggara, Maluku.

4. Pantai Ohoi Dertawun

Pantai Ohoi Dertawun

Image Credit: Google Maps (Ucik Ucik)

Destinasi wisata di Maluku Tenggara selanjutnya yang bisa Anda kunjungi yaitu pantai ohoi dertawun. Bentuk kenampakan alam pantai ini sama seperti pantai-pantai sebelumnya yaitu dangkal dan juga landai.

Yang membedakan adalah di pantai ini terdapat tebing karang yang cukup tinggi mencapai 10 meter terletak di belakang pantai. Di bagian paling ujung tebing tersebut terdapat peninggalan zaman purba yaitu berupa lukisan matahari, pohon, ikan, manusia sampai telapak tangan.

Lokasi: Ohoidertawun, Kec. Kei Kecil, Kab. Maluku Tenggara, Maluku.

5. Pulau Bair

Pulau Bair

Image Credit: Twitter.com @deddy_time

Selanjutnya yaitu pulau bair. Mungkin Anda juga bisa menyebutnya sebagai Raja Ampat dengan versi yang lebih kecil. Pulau ini memang tak seluas dan semegah Raja Ampat, tapi untuk masalah pemandangan serta panorama alamnya, tempat ini tak kalah indah dengan Raja Ampat.

Tempat ini begitu bersih dan asri, Anda tidak akan menemukan ada sampah yang berserakan di tempat ini. Tak perlu takut bersesakan dengan para wisatawan lain di tempat ini, karena umumnya ketika hari biasa tempat ini sangat sepi dengan pengunjung. Jadi Anda bisa menikmati keindahan pulau bair seorang diri seolah-olah pulau tersebut adalah milik Anda.

Baca Juga  Jumlah pemudik Bitung ke Gorontalo mulai meningkat

Jika Anda termasuk seorang pendaki dengan nyali yang besar Anda bisa coba naik ke salah satu tebing yang tingginya menjulang 7 meter. Namun, perlu Anda tahu tebing tersebut tidak dilengkapi dengan tangga ataupun undakan untuk memudahkan seseorang memanjat. Karena memang tebing ini sangat berbahaya untuk dinaiki.

Jadi bagi Anda yang tidak memiliki pengalaman dalam hal memanjat tebing, maka disarankan tidak melakukan hal tersebut. Dari atas tebing tersebut Anda dapat melihat landscape secara utuh dan indah dari pulau ini.

Air laut yang dikelilingi oleh tebing-tebing di pulau bair ini sangatlah jernih serupa kolam. Anda seolah bisa menjamah hewan-hewan yang berseliweran di bawah air.

Lokasi: Dullah Laut, Kec. Pulau Dullah Utara, Kota Tual, Maluku.

6. Desa Banda Eli

Desa Banda Eli

Image Credit: Facebook.com @backpacker-nusantara

Destinasi wisata selanjutnya bukan berupa pantai maupun gua namun sebuah desa. Desa ini menjadi destinasi wisata budaya serta sejarah. Dari desa ini Anda bisa mempelajari sejarah tentang budaya dan adat istiadat dari orang-orang yang diketahui memiliki nenek moyang berasal dari Banda Neira.

Nenek moyang tersebut mulai meninggalkan tanah kelahiran pada saat zaman VOC dulu, dikarenakan para VOC yang mulai menjarah rempah-rempah yang terdapat di pulau tempat kelahiran mereka. Jika Anda penasaran dengan budaya asli dari orang-orang Neira, maka Anda perlu datang ke tempat ini.

Orang-orang di desa bandar eli ini masih menggunakan bahasa asli mereka yaitu bahasa banda. Orang-orang tersebut juga pandai dalam membuat ragam kerajinan berbahan perak, tembikar serta besi. Untuk bidang seni orang-orang desa Banda Ely memiliki tarian khas serta musik yang khas pula.

Lokasi: Banda Eli, Kec. Kei Besar Utara Timur, Kab. Maluku Tenggara, Maluku.

7. Pulau Kapal

Image Credit: Twitter.com @chanyeolku

Salah satu dari 10 tempat wisata di Maluku Tenggara selanjutnya yaitu Pulau Kapal. Dinamakan dengan pulau kapal karena memang bentuk pulau ini menyerupai kapal. Jika Anda hobi snorkeling maka sebaiknya Anda perlu untuk mengunjungi pulau kapal ini.

Tempat ini memang sangat cocok untuk Anda melakukan snorkling karena airnya yang biru dan jernih sehingga membuat pemandangan di bawah air tampak begitu indah. Mata Anda akan dimanjakan oleh pemandangan karang-karang yang indah dengan makhluk-makhluk airnya yang begitu memukau. Menghabiskan sore di tempat ini sungguh akan menyenangkan.

Baca Juga  Waka Polda Maluku Terima Kunjungan Silaturahmi Danrem 151/Binaiya

Lokasi: Kab. Maluku Tenggara, Maluku.

8. Kei Islands

Kei Islands

Image Credit: Twitter.com @syamsiralam

Destinasi selanjutnya yaitu kepulauan kei. Termasuk dalam salah satu destinasi wisata terbaik se-Indonesia. Bentangan pantai dan hamparan pasir halus dan berwarna putih merupakan panorama yang dapat membuat Anda terpukau akan keindahannya.

Anda bisa datang ke pantai ini untuk berenang atau mungkin sekedar bersantai melihat pemandangan matahari tenggelam di ufuk barat. Saat matahari mulai tenggelam maka Anda akan mulai melihat keindahan yang sesungguhnya dari kepulauan kei ini.

Untuk Anda yang hobi sekali upload foto di Instagram, maka tempat ini sangat Instagramable. Semua bagian dari kepulauan ini sangat indah untuk dijadikan latar belakang foto Anda.

Lokasi: Letvuan, Kec. Hoat Sorbay, Kab. Maluku Tenggara, Maluku.

9. Bukit Masbait

Bukit Masbait

Image Credit: Instagram.com @tanahkei

Selanjutnya yaitu bukit masbait, bukit ini merupakan salah satu dari bukit tertinggi yang terdapat di kepulauan kei kecil. Untuk masalah pemandangan dan panorama tempatnya tak perlu Anda tanyakan lagi.

Bagi Anda yang beragama Katolik wajib hukumnya untuk pergi ke tempat ini saat berada di Maluku tenggara. Di bukit ini terdapat arca Kristus yang jadi tempat ziarah bagi umat Katolik.

Lokasi: Desa Kelanit, Kec. Pulau Kei Kecil, Kab. Maluku Tenggara.

10. Mata Air Nen Masil Evu

Mata Air Nen Masil Evu

Image Credit: Facebook.com @chacken.k.waur

Destinasi wisata Maluku Tenggara yang terakhir yaitu Mata Air Nen Masil Evu. Mata air dari tempat ini begitu jernih dan langsung berasal dari alam. Terdapat pemandian sehingga Anda bisa bersantai sejenak di tempat ini sambil lalu menikmati pemandangan alam sekitar. Oleh karena itulah Anda tak perlu ragu lagi untuk datang ke tempat ini.

Lokasi: Desa Evu, Kec. Pulau Kei Kecil, Kab. Maluku Tenggara.

Itulah beberapa tempat wisata populer di Maluku Tenggara yang dapat Anda jadikan referensi sebagai tempat berlibur akhir pekan. Dengan Anda meluangkan sedikit waktu untuk berkunjung ke tempat ini maka dijamin pikiran Anda akan kembali segar dan siap untuk menjalani aktivitas kerja yang begitu padat di hari-hari berikutnya.

(red/celebes.co)