7 Negara Kaya Raya yang Kini Jatuh Miskin bahkan Dilupakan

oleh -86 views
Link Banner

Porostimur.com, Ambon – Beberapa negara ini dulunya adalah negara yang kaya raya dan sejahtera. Namun, kini negara-negara tersebut justru jatuh miskin. Bahkan karena kekayaan sumber daya alam mereka, beberapa negara di dunia berhasil menjadi negara yang maju.

Namun, hanya karena 1 kesalahan, negara itu kini jatuh miskin bahkan dilupakan dan tertinggal jika dibandingkan dengan negara lainnya.

Dilansir dari tayangan video di kanal Angka & Data Channel, berikut 7 negara yang dulu kaya kini jatuh miskin bahkan dilupakan:

1. Mali

Negara Afrika yang berada di jurang kemiskinan adalah Mali. Mali merupakan salah 1 negara paling tertinggal di dunia karena geografisnya yang rentan kekeringan. Padahal, di tahun 1312 hingga 1337 Mali adalah negara kaya karena memiliki setengah dari cadangan emas di dunia.

2. Irak

Negara selanjutnya yaitu Irak. Irak pernah menjadi negara maju di dataran timur-tengah karena menjadi pemasok minyak terbesar kedua di dunia.

Baca Juga  Amankan Pesparani I, Korem 151 Binaiya turunkan 100 personil

Namun, kini kondisi Irak justru sangat memprihatinkan karena kemiskinan dan pengangguran serta adanya konflik internal dan eksternal.

Negara ini mulai jatuh ke kemiskinan setelah penggulingan Sadam Hussein yang memerintah selama 24 tahun. 

3. Kuba

Negara kaya yang kini jatuh miskin selanjutnya adalah Kuba. Dulu Kuba merupakan salah 1 negara paling maju di Amerika Utara.

Kini Kuba mengalami masa sulit karena maraknya kejahatan narkoba, perdangangan manusia, dan prostitusi.

4. Zimbabwe

Dulu Zimbabwe adalah negara penghasil batu berlian terbaik di Afrika dan merupakan lumbung pangan utama di benua ini.

Sayangnya, manajemen industri yang tidak tertata membuat Zimbabwe kini jatuh miskin. Selain itu, tindakan korupsi besar-besaran membuat nilai mata uang negara tersebut anjlok di tahun 1990an.

Baca Juga  Menyambut HUT ke 22 Kodam XVI/Pattimura, Personil Kodim 1509/Labuha Gelar Karya Bakti

5. Nauru

Nauru dulunya merupakan negara penghasil fosfat atau pupuk alami terbesar di dunia. Pada tahun 1980, perusahaan asing menambang fosfat di Nauru dan membuat penduduknya menjadi kaya raya.

Hampir semua penduduk Nauru punya rumah mewah, mobil Sport, hingga jet pribadi. Namun, setelah persediaan fosfat habis, keuangan Nauru mulai hancur dan kini mereka harus berutang ke Australia.

6. Venezuela

Venezuela adalah negara yang memiliki cadangan minyak melimpah yang dulunya pernah menjadi salah 1 negara terkaya di dunia. Sayangnya, negara ini menjadi jatuh miskin karena harga minyak yang turun drastis di tahun 2014.

Kondisi tersebut membuat ekonomi Venezuela hancur di tahun 2018 karena harga barang meningkat hingga 2x lipat setiap 20 hari. Kini negara ini sedang mengalami hiperinflasi karena rendahnya ekonomi negaranya.

Baca Juga  Buka Manasik Haji, Kakankemenag Malra Pesan Tingkatkan Sholat Sebelum ke Baitullah

7. Latvia

Negara terakhir yang dulunya kaya dan kini jatuh miskin adalah Latvia. Dulunya, Latvia adalah negara yang kaya raya di dataran Eropa. 

Bahkan melebihi Finlandia, Denmark, dan Uni Soviet. Hal itu karena Latvia kaya akan sumber daya kayu dan hasil bumi, sehingga negaranya maju. Namun pada perang dunia II, Latvia dikuasai oleh Nazi dan Soviet yang membuat negara ini miskin dan tertinggal hingga sekarang.

(red/jatimtimes)