70 Orang di Ternate Terinfeksi HIV/AIDS, Kebanyakan Pelaku Seks Sesama Jenis

oleh -358 views

Porostimur.com, Ternate – Dinas Kesehatan Kota Ternate, Maluku Utara mencatat, sejak Januari hingga September 2022, terdapat 70 kasus baru HIV/AIDS di kota Ternate.

“Tahun ini, jumlah kasus baru HIV/AIDS di kota Ternate mencapai 70 kasus ” kata Penanggungjawab Program HIV Dinkes Kota Ternate Hamidah, SKM, M.Kes.

Selain itu kata Hamidah, kasus ini ada juga kasus HIV/AIDS yang ditemukan akibat hubungan seks sesama jenis.

“Jadi yang lebih dominan juga dalam kasus 70 orang itu akibat hubungan seks sesama jenis, laki-laki dengan laki-laki (waria).

Hamidah bilang, untuk melakukan pencegahan, harus diperkuat dengan sosialisasi dan diskusikan secara terbuka.

“Tidak boleh beranggapan jika belum terinfeksi maka tidak perlu diperiksa, nanti sakit baru diperiksa. Dengan situasi ini, maka diharapkan, dengan kesadaran sendiri harus melakukan pemeriksaan,” katanya, saat dikonfirmasi porostimur.com pada Selasa (4/10/2022).

Hamidah menambahkan, pola penyebaran virus HIV/AIDS bisa melalui transfusi darah dan berbagi jarum suntik. Namun yang paling dominan adalah hubungan seks baik penderita dengan bukan penderita maupun sesama jenis.

“Atas temuan kasus tersebut, kami dari Dinkes Kota Ternate terus melakukan upaya pencegahan, seperti melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan memanfaatkan layanan pos kesehatan, sekaligus melakukan deteksi dini, agar dapat menekan jumlaah penularan kasus HIV/AIDS di wilayah kota Ternate,” jelas Hamidah. (Amir)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.