Akibat Terjangan Ombak, Belasan Rumah Rusak dan Ratusan Warga Dua Desa di Buru Mengungsi

oleh -118 views
Link Banner

Porostimur.com | Namlea: Terjangan gelombang pasang setinggi kurang lebih 3 meter yang melanda Desa Bara Kecamatan Airbuaya dan Desa Wamlana, Kecamatan Fenaleisela, Kabupaten Buru, Maluku pada Senin (2//12/21019) kemarin, mengakibatkan sejumlah rumah warga rusak berat.

Ombak yang masih terus terjadi membuat warga Desa Dara dan Desa Wamlana terus waspada terhadap kemungkinan adanya gelomabag pasang yang lebih besar lagi.

Genagan air masih terlihat di beberapa lokasi. Sediktnya terdapat 4 rumah di Desa Bara, dan 6 rumah di Desa Wamlana rusak berat.

Alam (50) tahun, warga Desa Bara yang rumahnya hancur, tak kuasa menahan kesedihan saat mengisahkan kali pertama ombak menerjang pemukiman warga.

Link Banner

Terjangan ombak dan gelombang pasang juga menyebabkan puluhan kubik material batu tebawa ke wilayah pemukiman. Hal ini menyebabkan fasilitas umum di Desa Bara seperti jalan beton tertutup bongkahan batu besar.

Baca Juga  Orang Jepang Melepas Kantuk Dengan Cara Inemuri, Bisa Dilakukan Dimana Saja

Warga dibantu anggota TNI dan Polri sejak pagi tadi mulai membersihkan puing-puing yang menutupi fasilitas umum dan rumah warga yang mengalami kerusakan.

Data terbaru BPBD, terdapat sedikitnya empat rumah warga di Desa Bara rusak berkat dan satu rumah rusak ringan. Sedangkan 18 rumah tergenang dan sebnyak 23 KK, 105 jiwa mengungsi.

Sementara di Desa Wamlana terdapat 43 buah rumah yang tergenag dan 6 buah rumah rusak berat.

“Setelah melakukan pendataan sejak kemarin, kami memperoleh data kerusakan rumah warga dari dua desa di dua kecamatan yang mengalami kerusakan, yakni ada Desa Bara terdapat 4 rumah mengalami rusak berat, satu rumah rusak ringan dan enam rumah tergenang. Sedngkan di Desa Wamlana terdapat 6 rumah rusak berat dan 37 rumah mengalmi rusak ringan,” kata Hadi. (ima)

Baca Juga  PMI Bikin Video 'Unboxing' Ambulans: Mana Batunya, Nggak Ada Kan?