Akun Medsos Presiden Jokowi Diduga Curi Gambar dari Media Turki

oleh -67 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Sejumlah pengguna media sosial atau netizen mengungkit soal gambar ilustrasi yang digunakan akun resmi Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Pasalnya, gambar itu mirip dengan gambar ilustrasi yang digunakan oleh media asal Turki, Mersi Plus.

Gambar ilustrasi itu diunggah pada akun resmi Twitter dan Instagram Jokowi pada Senin (12/7/2021). Adapun gambar ilustrasi itu menampakkan seorang pria mengenakan jaket hijau dan masker dua lapis.

Pria dalam gambar itu juga tampak membawa lampu petromak. Adapun beberapa gambar lain seperti bentuk virus Covid-19 juga tampak pada gambar tersebut.

Pada bagian bawah gambar tertulis pesan ‘Waspada Selalu’. Gambar itu juga ditulisi nama Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Pandemi ini belum berakhir. Virus Covid-19 masih ada di sekitar kita dan tak kasat mata. Jangan pernah lengah. Selalu kenakan masker, jaga jarak, hindari kerumunan, dan tidak keluar rumah bila tak ada keperluan mendesak,” demikian pesan keterangan gambar tersebut.

Baca Juga  Tim Kampanye Donald Trump Digugat karena Pakai Lagu Tanpa Izin

Dilihat dari akun Twitter @jokowi, masing-masing pengguna media sosial pun saling menyampaikan pendapatnya baik soal pandemi ataupun dampak dari adanya PPKM Darurat.

Bukan hanya itu, beberapa dari mereka ada yang mengunggah gambar serupa seperti yang diunggah pada akun Jokowi. Tetapi, gambar itu ada di dalam artikel media Turki, mersiplus.com.

Dalam artikel yang tayang pada 5 November 2020 itu, gambar ilustrasinya persis seperti yang diunggah Jokowi. Hanya saja terdapat yang membedakan yakni latar belakang pada gambar tersebut yakni adanya bendera. Amerika Serikat.

Baca Juga  Wakapolda Maluku Pantau Langsung Proses Seleksi Penerimaan Akpol Tahun 2020

Karena itu, sejumlah pengguna media sosial lainnya pun terpancing untuk mengomentarinya. Seperti yang disampaikan oleh pemilik akun anthongozali.

“Aduh gambarnya nyomot? Dah ijin blom sama yang punya? Ini nanya loh,” cuitnya.

Akun medsos Jokowi diduga curi gambar dari media Turki. (Foto: bidik layar)
Akun medsos Jokowi diduga curi gambar dari media Turki. (Foto: bidik layar)

Pengguna media sosial lainnya juga turut curiga kalau tim Jokowi menggunakan gambar milik orang lain tanpa izin. Kendati demikian, ada salah satunya yang masih berusaha untuk berpikir positif.

Seperti yang disampaikan oleh pengguna akun @motulz. Menurutnya bisa saja antara kedua belah pihak itu menggunakan gambar berbayar yang bisa dilakukan oleh siapapun.

“whehehe… kayaknya itu pake ilustrasi online free royalti yang berbayar gitu deh.. Kan banyak juga ya media yang pake ilustrasi online berbayar gitu tuh,” ucapnya.

Baca Juga  Bagus Kahfi Akhirnya Merumput di Liga Belanda

(red/suara)