Warga Kawata Demo Inpektorat Kepulauan Sula Terkait Dugaan Penyelewengan ADD-DD

oleh -205 views

Porostimur.com, Sanana – Sejumlah orang yang menamakan diri, Aliansi Pemuda, Masyarakat dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kawata, menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Inspektorat Kepulauan Sula, Kamis (21/12/2023).

Kordinator massa aksi Zulfikar Makian, mengatakan, aksi unjuk rasa ini digelar guna menuntut keadilan terkait dugaan penyelewengan Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) Kawata, Tahun 2022-2023.

“Pembangunan Desa Kawata hari hari ini, terkesan tidak sejalan dengan cita-cita masyarakat, sebab tidak sesuai dengan UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa seperti di jelaskan dalam Pasal 23 yang menjelaskan bahwa penyelenggaraan pemerintahan desa berdasarkan asas kepastian hukum, tertib penyelenggaraan pemerintahan desa, tertib kepentingan umum, keterbukaan, profesionalitas, akuntabilitas dan efektivitas serta efisiensi, partisipatif,” ungkapnya.

Baca Juga  Teguh Santosa Apresiasi Medali Kehormatan Rusia untuk Airlangga

Zulfikar menjelaskan, masyarakat Desa Kawata dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sudah mendatangi Kantor Desa Kawata, Kecamatan Mangoli Utara Timur, Kabupaten Kepulauan Sula, sejak Senin, 18 Desember 2023 kemarin, dengan maksud mendapatkan keterbukaan informasi publik terkait pengelolaan Dana Desa serta realisasinya. 

“Tentu kedatangan tersebut sesuai dengan perintah UU Desa, Pasal 68 ayat 1 yang menyebutkan bahwa masyarakat desa berhak mendapatkan informasi dari pemerintah desa serta mengawasi kegiatan penyelenggaraan pemerintah desa, pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa,” ujarnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.