Avanza-Xenia Baru Makin Kuat Terdengar, Ini Kata Toyota dan Daihatsu

oleh -24 views
Link Banner

Porostimur.com – Jakarta: Kabar mengenai peluncuran model baru dari duo LMPV Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia pada akhir tahun ini semakin kuat. Bila benar persaingan pasar mobil dengan rentang harga Rp200 juta hingga Rp300 juta akan kembali hidup.

Pasalnya dalam beberapa waktu terakhir sejumlah model masuk ke dalam ceruk pasar itu. Sebut saja, Toyota Raize, Daihatsu Rocky, All New Honda BR-V, hingga penantang baru New MG ZS. Belum lagi pemain lama yang belum memperbarui modelnya seperti Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, dan Suzuki XL7. 

Ketika ditanyai Bisnis (23/9/2021), Anton Jimmy Suwandi, selaku Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) menuturkan masih belum dapat berkomentar banyak terkait peluncuran produk.

Anton tidak menjawab secara gamblang terkait dengan peluncuran mobil model apapun pada akhir tahun ini. Hanya emoji dua tangan yang melambangkan permintaan maaf.

Sementara itu, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso pun tak menjawab.

Baca Juga  Tulis Berita Arteria Dahlan dan Isu PKI, Jurnalis Liputan6 Alami Doxing

Berdasarkan catatan Bisnis, Rumor peluncuran All New Avanza sebenarnya sudah mulai ramai sejak tahun lalu. Apalagi desain Avanza-Xenia sudah bertahan sejak tahun 2011. Artinya, sudah 10 tahun kedua mobil kembar Toyota dan Daihatsu belum melakukan major change atau perubahan mayor.  

Menurut laporan media Malaysia Wapcar, Avanza dan Xenia, tetap akan berbagi platform yang sama. Keduanya akan menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA), sama seperti yang digunakan pada Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. 

All New Avanza diperkirakan akan dibekali dengan mesin 1.5L Dual VVT-i bensin yang dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis (CVT). 

Menariknya, besar kemungkinan Avanza-Xenia terbaru tidak lagi menggunakan penggerak roda belakang, tapi menggantinya dengan penggerak roda depan. 

Baca Juga  Badan Keamanan Laut Bagikan Ratusan Masker Kain Kepada Nelayan di Dusun Seri

Soal desain, Avanza-Xenia memiliki sejumlah model konsep yang telah diperkenalkan dalam berbagai pameran otomotif di Indonesia maupun di Jepang. 

Satu model konsep yang cukup sering tampil di pameran otomotif adalah DN multisix, sebuah platform mobil MPV dengan 7 penumpang. 

DN Multisix memiliki desain yang cukup revolusioner untuk sebuah MPV Rp200 juta-an. Sentuhan desain mobil ini bisa terlihat lebih mewah serta futuristik. Sepintas, mirip dengan desain N7X Concept.  

Secara dimensi, DN Multisix sedikit lebih besar dibandingkan dengan Avanza-Xenia. Mobil konsep ini memiliki dimensi yang lebih kurang setara dengan Daihatsu Terios. Secara teknis, DN Multisix memiliki dimensi panjang 4.310 mm, lebar 1.720 mm, tinggi 1.605 mm. 

Menurut bocoran dari Wapcar, Avanza terbaru nantinya akan dibekali dengan fitur keselamatan yang lebih baik dibanding model yang saat ini dipasarkan, seperti enam airbag dan aunomous emergency braking (AEB)

Baca Juga  Diprotes Polisi Papua, Kapolri Tambah Kuota Calon Perwira OAP

Ada kemungkinan juga Avanza dan Xenia terbaru juga akan mengusung fitur keselamatan tercanggih yang dikembangkan Toyota dan Daihatsu. 

Fitur tersebut adalah Toyota Safety Sense untuk Avanza dan Advanced Safety Assist untuk Xenia. Fitur ini juga terdapat di Raize dan Rocky tipe tertinggi.  

Fitur keselamatan canggih ini tentunya dapat menjadi modal berharga bagi Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia untuk menghadapi persaingan di kelas Low MPV. 

Apabila benar, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia bakal dirilis pada November 2021. Maka duel Honda dan Toyota diperkirakan akan sengit di kelas LMPV. Pasalnya Honda Mobilio dikabarkan akan meluncur pada GIIAS 2021 yang akan berlangsung pada November.

(red/bisnis)

No More Posts Available.

No more pages to load.